Soal Ujian CPNS Ternyata Bisa Dibeli Lalu Dibuat Prediksi

Senyumperawat.com – Soal ujian CPNS ternyata bisa juga dibeli. Hal ini diungkapkan oleh Wahyu, salah seorang staf sebuah Lembaga Bimbel. Ia menjelaskan bahwa soal ujian CPNS bisa dibeli dengan harga tertentu. Kemudian dari situlah lembaga bimbingan belajar ujian CPNS menyusun soal prediksi tes CPNS. Pada dasarnya, untuk membuat prediksi soal tentu memerlukan referensi agar lebih akurat. Tentunya semakin akurat prediksi dari sebuah lembaga bimbel CPNS maka semakin banyak diminati.

Mereka beli soal ujian CPNS di mana?

Mengutip dari laman detikfinance, soal ujian CPNS bisa dibeli dari orang yang pernah ikut tes. Menurut penuturan Wahyu, soal juga bisa dibeli dari orang yang telah lolos tes.

“Kita beli soalnya dari orang untuk menyusun soal-soal di modul. Tes TKD (tes kompetensi dasar) untuk masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi) itu kan pakai CAT (computer assisted test). Jadi mereka ingat-ingat itu, terus ditulis lagi model soalnya, itu yang kita beli. Soalnya di komputer, enggak mungkin bisa dibawa,” kata Wahyu kepada detikFinance ditemui di kantornya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Rabu (13/9/2017).

Menurutnya, selalu ada peserta yang lolos yang menawarkan untuk membuat soal TKD berdasarkan ingatannya, kemudian ditulis kembali soal-soal tersebut sebelum kemudian dijual ke lembaga bimbel.

“Kita sudah tahu soalnya, kita tinggal cari kunci-kunci jawaban untuk menjawabnya. Kita harus beli untuk soal-soal di TKD. Kita beli soal dari mahasiswa yang sudah pernah ikut tes,” ucap Wahyu yang enggan membeberkan berapa harga untuk pembelian kisi-sisi soal tersebut.

Dia menuturkan, pola dan tingkat kesulitan pada tes TKD STAN hampir sama persis dengan tes sejenis yang ada pada seleksi CPNS umum. Selain itu, untuk meningkatkan rasio keberhasilan, pengajar bimbel juga berasal dari peserta yang pernah lolos mengerjakan soal saat ujian tahun-tahun sebelumnya.

Untuk pembukaan kelas persiapan CPNS tahun ini, sambungnya, lembaga kursusnya masih menggodok modul yang akan digunakan. Pembuatan modul perlu kehatian-hatian, sehingga tingkat rasio kelulusan bisa tinggi.

Seperti diketahui, Tes TKD yang berbasiskan CAT ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pengalaman tes CPNS tahun sebelumnya, banyak peserta yang gugur di tahapan ini.

“Kita lagi persiapkan modulnya, harus mantap betul. Karena kan ada 3 materi, TWK, TIU, dan TKP. Kita masih menunggu (pembuatan) soal modul. Kita enggak mau kasih les yang kualitasnya nanti kurang bagus, supaya hasilnya bisa maksimal,” pungkas Wahyu.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker