Satu Lagi Penelitian Ilmiah, Posisi Buang Air Kecil Terbaik Bagi Laki-Laki Adalah Jongkok

Posisi Buang Air Kecil Terbaik Bagi Laki-Laki Adalah Jongkok

Senyumperawat.com – Kalau membahas posisi buang air kecil terbaik bagi laki-laki, akan ada yang menjawab berdiri dan ada yang menjawab jongkok. Beberapa penelitian ilmiah ternyata justru mendukung bahwa posisi buang air kecil terbaik bagi laki-laki adalah jongkok. Kondisi ini dinilai lebih sehat karena dapat mencegah gangguan pada prostat. Siapa pun pasti enggan jika saluran kemihnya bermasalah. Maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencegah.

Penelitian dari Leiden University Medical Centre di Belanda justru menunjukkan bahwa laki-laki yang kencing jongkok bisa terhindar dari masalah prostat. Hal ini disebabkan oleh otot saluran kemih yang lebih optimal mendorong urine untuk keluar.

Dikutip dari situs Times of India, Sabtu (2/9/2017), kencing jongkok pun dinilai lebih higienis ketimbang posisi berdiri. Urine yang keluar pada posisi berdiri akan mengakibatkan cipratan yang luas. Tentu aroma urine akan sulit dibersihkan jika tersebar ke mana-mana. Hal itu tentu akan menimbulkan bau tak sedap.Selain itu, area tersebut pun akan dipenuhi banyak kuman. Penyebaran penyakit akan mudah terjadi dikarenakan kondisi tersebut.

Kalau Anda biasa melakukan perjalanan jauh, terkadang mampir di toilet umum. Beberapa toilet umum seringkali tercium aroma urine tersebut oleh karena saat buang air kecil kebanyakan berdiri. Maka mulai dari lantai dan dinding toilet pun tertinggal sisa urine.

Berbeda jika buang air kecil dengan posisi jongkok. Selain memudahkan untuk menyiram, cipratannya tidak akan tersebar luas. Maka toilet akan lebih bersih. Bagi umat Islam, posisi buang air kecil terbaik tentunya jongkok karena lebih dapat menjaga pakaian dari cipratan najis.

Manfaat lain dari buang air kecil dengan posisi jongkok adalah memaksimalkan proses pengosongan kantung kemih. Risiko terkena infeksi saluran kemih menjadi rendah karena kantung kemih yang kosong sempurna.

Demikian ulasan singkat dari penelitian tentang posisi buang air kecil terbaik. Masih banyak hasil penelitian lain yang akan kami ulas pada segmen berbeda. (Destur)

Share

This website uses cookies.