Perawat Muslim Asal Papua, Mengobati Sekaligus Berdakwah

Senyumperawat.com – Menjadi seorang perawat muslim, memiliki dua beban. Beban pertama adalah mengobati pasien. Memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien adalah kewajiban perawat. Namun dengan status sebagai muslim, ada tugas dakwah pula kepada pasien.

Abdul Aufur Mudar hijrah ke Fakfak, Papua merantau dari pulau Gorom, Kepulauan Seram. Ia hijrah sejak tahun 1991. Auf, begitu panggilan akrabnya adalah seorang perawat di Rumah Sakit Umum Fakfak Papua Barat.

Ilmu pengobatan Auf bukan hanya untuk menolong pasien di rumah sakit. Ia juga sangat senang memberikan bantuan pengobatan kepada para tetangga. Bahkan jam 3 dini hari pun ia layani.

“Biarpun lama itu, jam 3, jam 2, jam 2 itu diketuk pintu. Assalamu ‘alaykum..Assalamu ‘alaykum, sudah bangun lagi. gimana, sakit dimana. Misalnya di pantai, oh di bawah, atau di seberang, itu jalan juga”, cerita Auf.

Auf memberikan pengobatan bermodal ikhlas. Jika ada pasien yang ingin memberinya upah, maka ia terima seadanya. Tapi jika tidak, ia pun tidak menuntut apa pun. Ia mengatakan bahwa itu keikhlasannya.

“Kalau pengobatan seperti itu, biasanya itu keikhlasan. Misalnya saya menolong, itu keikhlasan dari dia. Misalnya dia ada rizki, ada dia mau berikan saya, kalau tidak ya tidak apa-apa. Itu keikhlasan kita membantu saja”, imbuhnya.

Menjadi seorang perawat muslim dan suka berdakwah, ia mendapatkan simpati dari banyak kalangan. Kemudian atas tindakannya itu, banyak yang memberikan ia obat secara cuma-cuma. Obat itu diberikan untuk mendukung misi pengobatan dan dakwahnya.

Auf, adalah sosok yang telah keluar dari masa gelapnya. Ia dulu pernah terjerembab pada hal maksiat. Bahkan menurut kisah temannya, Auf pernah sampai mengancam Allah di Masjid. Itu pun akibat dari perbuatannya di masa silam. Auf dulu juga pernah mengenyam ilmu hitam. Hasilnya adalah kesesatan yang ia dapatkan.

Kini, dengan segala hal yang ia miliki, Auf berupaya menebus dosanya. Bertobat dan mengajak orang lain bertobat dengan jalan menjadi seorang juru rawat adalah bentuk ibadah baginya.

Simak kisahnya dalam Video yang diunggah oleh Net di bawah ini:

 

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker