Penyebab Suara Perokok Serak, Apakah Tanda Dekatnya Ajal?

0
penyebab suara perokok serak

Senyumperawat.com – Beberapa riset mengungkap penyebab suara perokok serak. Suara perokok serak mungkin saja ada yang menganggap tanda ajal mendekat. Boleh jadi ada yang menganggap paru-parunya sudah rusak. Ada pula mungkin yang menilai karena sebab lain.

Satu hal yang pasti, suara perokok serak disebabkan oleh rokoknya. Masalah kesehatan perokok sebenarnya bukan hanya itu. Masih banyak lainnya. Namun bisa saja salah satu tanda bahwa tubuh perokok itu sudah mencapai titik kerusakan tertentu.

Menurut dr Zainal Adhim, SpTHT-KL (K), PhD, spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher dari Rumah Sakit Pondok Indah, seperti dikutip dari lama detikhealth bahwa merokok bisa mempengaruhi kualitas suara. Hal ini terjadi karena rokok mengganggu drainase dari lendir. Karena lendir tersebut selalu mengalir pada daerah hidung sampai rongga mulut dan tenggorokan, maka ketika merokok bagian dalam laring menjadi kering.

“Peranan rokok itulah mengganggu drainase. Makanya kalau orang merokok biasanya cenderung susah mengeluarkan lendir. Akibatnya akan menimbulkan efek batuk yang berlebihan,” kata dr Zainal dalam diskusi media ‘Waspadai Suara Serak’ di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Lainnya: Jangan Terima Lamaran Cowok Perokok, Hikmah Tragedi Meninggalnya Bayi Karena Asap Rokok

“Batuk itu sendiri menyebabkan pergerakan pita suara yang berlebihan sehingga menyebabkan suara serak, kemudian di samping itu tentu lendir itu menimbulkan peradangan yang sifatnya kronis,” lanjut dr Zainal.

Kemudian faktor yang kedua, dr Zainal mengatakan bahwa rokok itu terdiri dari komponen-komponen, salah satu yang dikhawatirkan adalah bersifat karsinogenik. Boleh jadi suara perokok serak karena mulai berkembangkan sel kanker pada saluran nafas.

“Khusus merokok biasanya dari beberapa pasien yang saya tangani biasanya selalu ada riwayat merokok. Jadi hati-hati suara serak pada perokok berat. Kita harus mulai mikir, jangan-jangan suatu kanker laring,” imbuh dr Zainal.

Tinggalkan Komentar