Pengumuman Resmi Penerimaan CPNS Kemenkes 2017, Berikut Ini Detail Formasi dan Persyaratannya

0

Senyumperawat.com – Akhirnya penerimaan CPNS Kemenkes 2017 telah dirilis secara resmi. Hal ini menjawab kegundahan sebagian besar tenaga medis yang mempertanyakannya. Sebab, desas-desus yang beredar di tahun 2017 ini tidak lowongan CPNS perawat, bidan atau dokter. Ada pun wacana yang telah disampaikan adalah pengalihan PNS ke PPPK.

Penerimaan CPNS Kemenkes 2017 kali ini formasinya cukup banyak. Untuk direktorat jenderal pelayanan kesehatan, terbuka lowongan CPNS medis di 50 formasi penempatan. Baik rumah sakit atau laboratorium maupun pengamanan fasilitas kesehatan. Untuk direktoran jenderal pencegahan dan pengendalian penyakit terdapat 5 formasi penempatan. Badan PPSDM kesehatan terdiri dari 33 Poltekkes di beberapa wilayah Indonesia.

Untuk formasi profesi yang diberi kesempatan mengikuti tes CPNS Kemenkes 2017 antara lain:

  1. Apotekes Ahli Pertama
  2. Asisten Apoteker Terampil
  3. Dokter Ahli Pertama
  4. Dokter Gigi Ahli Pertama
  5. Dosen (Asisten Ahli)
  6. Entomologi Kesehatan Ahli Pertama
  7. Epidemiolog Kesehatan Ahli Pertama
  8. Fisioterapis Ahli Pertama
  9. Fisioterapis Terampil
  10. Nutrionis Terampil
  11. Perawat Ahli Pertama
  12. Perawat Terampil
  13. Perekam Medis Terampil
  14. Pranata Laboratorium Kesehatan Terampil
  15. Pranata Labarotarium Pendidikan Ahli Pertama
  16. Radiografer Ahli Pertama
  17. Radiografer Terampil
  18. Teknisi Elektro Medis Terampil

Dari sekian banyak alokasi profesi CPNS Kemenkes 2017, profesi D3 Kebidanan ternyata tidak disertakan. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan regulasi tahun ini yang mana ribuan bidan telah diangkat menjadi PNS. Kondisi ini menjadikan posisi PNS untuk bidan sudah dirasa cukup sementara ini. Lalu wacana bahwa bidan dan guru akan dialihkan menjadi PPPK dan tidak perlu jadi PNS juga akan dimatangkan. (Baca: Bidan dan Guru Tak Perlu Lagi Jadi PNS, Cukup P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)

Persyaratan umum CPNS Perawat di BNN 2017

  1. Warga negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesehatuan Republik Indonesia.
  2. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tingi 35 tahun.Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat dengan PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat dengan pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, prajurit TNI atau anggora Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktit lainnya yang telah ditetapkan oleh pemerintah RI.
  10. Tidak merokok
  11. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI
  12. Tidak mengajukan pindah selama 5 tahun sejak diangkat sebagai CPNS sesuai dengan peminatan
  13. Setiap pelamar harus dapat mengoperasikan komputer (Office, email dan browsing)
  14. Pelamar berasal dari program studi perguruan tinggi negeri yang sekurang-kurangnya terakreditasi B atau perguruan tinggi swasta yang sekurang-kurangnya terakreditasi A. IPK minimal 3,00.
  15. Khusus formasi putra-putri Papua/Papua Barat, pelamar berasal dari program studi perguruan tinggi negeri atau swasta yang terakreditasi. IPK minimal 2,75.
  16. Akreditasi  program studi perguruan tinggi berasal dari BAN-PT atau LAM-PTKes.
  17. Bagi jabatan dosen, pelamar wajib memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara aktif. Ditunjukkan melalui sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450 yang diterbitkan mulai Agustus 2015.
  18. Bagi pelamar untuk tenaga kesehatan kecuali entomolog dan epidemiolog harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku sesuai profesi.
  19. Untuk formasi Cumlaude, pelamar harus lulusan perguruan tinggi terakreditasi A dan program studi terakreditasi A.
  20. Untuk formasi disabilitas, pelamar yang menyandang disabilitas hanya pada kaki/tungkai atas/tungkai bawah.
  21. Untuk formasi putra-putri Papua/Papua Barat, pelamar menamatkan pendidikan SD, SMP, dan SMU di wilayah Papua/Papua Barat, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisir atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua atau Papua Barat, dibuktikan dengan akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa;
  22. Untuk penempatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan:
    a. Diutamakan laki-laki;
    b. Bersedia bekerja dalam sistem shift (pembagian waktu kerja);
    c. Bersedia bekerja on call selama 24 jam;
    d. Bersedia dan mampu melakukan pemeriksaan kapal dalam karantina baik di dermaga maupun di lepas pantai dengan sarana menggunakan tangga tali dan tangga biasa;
    e. Memiliki kemampuan berenang;
    f. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif.

Untuk lebih lengkap bagaimana cara pendaftarannya silakan simak dalam surat pengumuman resmi penerimaan CPNS Kemenkes 2017 di bawah ini.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.