Obat Diare Alami yang Sangat Mudah Didapatkan

Senyumperawat.com – Obat diare alami sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Namun mungkin ada obat diarel alami lain yang belum banyak diketahui. Kita akan bahas satu per satu. Secara mendasar, yang disebut alami pasti berkaitan dengan alam. Makanya dinamakan alami karena imbuhan “i” menyatakan sifat. Obat-obatan yang berasal dari bahan-bahan alam. Bahan alam itu kemudian diolah sehingga memiliki manfaat tertentu.

Diare bisa terjadi karena ulah virus, bakteri, parasit yang berasal dari makanan basi. Tidak hanya makanan basi, perut yang terlalu sensitif terhadap makanan tertentu bisa juga menimbulkan diare. Bahkan, obat-obatan tertentu dapat pula menimbulkan diare sebagai efek samping.

Coba kita simak, sebenarnya apa saja obat diare alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah:

Teh
Teh peppermint dan chamomile dapat digunakan sebagai obat diare yang alami sekaligus meredakan dan memberikan rasa nyaman ketika terserang diare. Chamomile dapat menghilangkan peradangan dan nyeri usus. Sementara bunga chamomile terbukti ampuh sebagai obat diare yang alami. Di sisi lain, saat teh peppermint diminum, otot-otot menjadi rileks sehingga gas dalam usus berkurang dan menyembuhkan diare.

Pisang
Ternyata pisang juga bisa dijadikan obat diare alami. Kandungan serat yang larut dalam air pada pisang membantu melancarkan jalannya tinja. Tak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang selama diare. Anda pun tak akan lemas selama diare.

Yoghurt
Saat diare, tubuh sebenarnya sedang melawan bakteri jahat. Nah, yoghurt bisa menjadi obat diare yang alami karena mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan menjadi lancar. Tak hanya itu, yogurt mudah dicerna, sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Baca juga: Kapan Anak yang Diare Perlu Segera Dibawa ke Rumah Sakit?

Buah Blueberry
Buah Blueberry sangat baik bagi kesehatan. Tapi perlu diingat, bukan Blueberry yang sudah menjadi selai. Buah ini mengandung tannin yang dapat membantu menyembuhkan perut kembung. Blueberry juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan serta mengandung serat yang mudah larut sehingga bisa digunakan sebagai obat diare yang alami.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker