Jika Mendapati Tanda dan Gejala Ini, Mungkin Anda Positif Hamil

Senyumperawat.com – Tanda-tanda bahwa Anda positif hamil tidak bisa dilihat dari satu sisi saja. Proses kehamilan akan melalui banyak sekali tahapan. Salah satunya adalah ovulasi. Ovulasi sendiri merupakan proses pelepasan sel telur yang sudah matang. Setelah dilepaskan, sel telur akan menempati tuba falopi ketika siap dibuahi.

Tanda Ovulasi

Tanda-tanda ovulasi secara umum pada wanita antara lain:

  1. Hasrat seksual.meningkat
  2. Keputihan yang semakin banyak.
  3. Perubahan posisi leher rahim.
  4. Suhu tubuh basal, segera setelah ovulasi, kebanyakan wanita mengalami sedikit peningkatan suhu tubuh.
  5. Kram
  6. Nyeri payudara.
  7. Perut terasa tidak nyaman atau kembung.
  8. Cairan atau lendir vagina yang basah dan licin.

Tanda Ovulasi Dibuahi

Sekitar dua pekan setelah berhubungan, sel telur yang berhasil dibuahi akan berkembang pada dinding rahim. Saat itu bisa saja terjadi pendarahan ringan. Pada masa ini bisa diartikan sebagai tanda sel telur berhasil dibuahi dan merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Pendarahan ini berbeda dengan pendarahan saat menstruasi yang cenderung banyak dan terjadi dalam waktu beberapa hari. Pendarahan karena telur yang berhasil dibuahi sendiri berlangsung tidak lama.

Tanda-tanda yang akan tampak seperti:

  1. Bercak darah merah muda atau flek kecokelatan.
  2. Sakit kepala
  3. Kram pada daerah perut.
  4. Suasana hati yang mudah berubah.

Gejala awal kehamilan

  1. Mual dan muntah.
  2. Kelelahan.
  3. Sering buang air kecil.
  4. Payudara yang membengkak dan terasa lebih lembut.

Tanda ovulasi berhasil dibuahi adalah terjadinya gejala awal kehamilan seperti di atas. Untuk melakukan tes kehamilan menggunakan alat, biasanya baru bisa menunjukkan hasil setelah mengalami terlambat haid. Tapi secara umum, jika Anda mendapati gejala di atas terjadi maka boleh jadi Anda positif hamil. Jangan lupa untuk merencakan bersama suami tentang tenaga medis yang dipercaya untuk memeriksakan kandungan secara rutin.

Kehamilan akan sangat dinantikan oleh pasangan suami-istri. Ada yang diberikan secara cepat tapi ada yang diuji untuk menanti. Tidak ada yang bisa menerka kapan Anda akan positif hamil. Tapi sebagai manusia, kita hanya diperintahkan untuk berusaha yang terbaik dalam menjalani kehidupan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker