Masalah Kesehatan Akibat Telat Makan

0
Masalah Kesehatan Akibat Telat Makan

Senyumperawat.com – Masalah kesehatan yang timbul akibat telat makan tidaklah sedikit. Perkara telat makan memang paling sering menimpa orang sibuk atau sok sibuk padahal buang waktu. Mulai dari stres yang meningkat, emosi yang tidak terkendali hingga mungkin kinerja tidak maksimal. Namun boleh jadi masih ada yang mengingkari hal itu. Oleh karenanya mari kita simak, sebenarnya ada banyak masalah kesehatan akibat telat makan.

Dilansir dari laman Merdeka.com, setidaknya masalah kesehatan akibat telat makanantara lain:

Stres

Saat kamu melewatkan waktu makan, tubuh butuh untuk energi untuk menjaga kelangsungan kerja organ lainnya. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa menyebabkan stres dan berujung pada munculnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stres, dan depresi.

Bau mulut

Telat makan akan membuat produksi air liur berkurang. Dan mulut yang kering ini menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Selanjutnya, kamu akan mengalami bau mulut.

Sakit kepala

Melewatkan waktu makan bisa menurunkan kadar gula darah yang pada gilirannya dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon yang mempersempit arteri dan meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, kamu akan mengalami sakit kepala, mudah lelah, dan mual.

Fluktuasi tekanan darah

Melewatkan waktu makan membuat tubuh melepaskan hormon untuk mengimbangi rendahnya kadar glukosa. Akhirnya tekanan darah jadi naik dan turun.

Diabetes

Makan tidak teratur atau telat makan akan menyebabkan sel hati berhenti bereaksi terhadap insulin. Hal ini berarti bahwa hati tidak mendapatkan sinyal untuk berhenti memproduksi glukosa dan terus memompanya ke dalam darah. Kelebihan glukosa ini akan terakumulasi dalam darah dan menyebabkan diabetes tipe 2.

Metabolisme tubuh menurun

Saat kamu melewatkan waktu makan, tingkat metabolisme tubuh menurun. Dengan demikian akan terjadi penambahan berat badan.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.