Makanan yang Dihindari Saat Haid, Ini Penjelasannya

Senyumperawat.com – Makanan yang dihindari saat haid memang bukan hal asing untuk dibahas. Sebagian pendapat menyebutkan kalau salah makan justru memperparah nyeri. Ada yang beranggapan pula bisa memperlama waktu haid. Tidak sedikit pula yang mengaitkan dengan mitos tertentu di masyarakat. Namun pada dasarnya, menghindari makanan tertentu akan lebih baik jika dikaitkan dengan hal-hal ilmiah. Terlebih berkaitan dengan proses haid itu sendiri.

Secara ilmiah, ada beberapa makanan yang dihindari saat haid bisa memberikan efek positif. Misalkan membantu terhindar dari nyeri, sakit, dan kembung saat haid.

Menjelang haid, tingkat hormon progesteron meningkat sehingga mendorong nafsu makan. Pada kasus ini, kebanyakan wanita akan lebih memperhatikan postur tubuh. Takut gemuk atau mungkin sebaliknya. Jika efek nyeri yang dominan maka mau makan apa pun jadi tidak enak.

Makanan yang dihindari saat haid dan manfaatnya

  1. Junk food

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari menjelang haid yaitu makanan cepat saji atau junk food. Meski lezat di lidah, namun makanan ini cenderung rendah nutrisi dan tinggi akan kandungan garam yang tidak baik untuk kesehatan, termasuk wanita menjelang dan saat haid.

2. Makanan dengan kadar garam tinggi

Hindari konsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi saat menjelang atau sedang haid. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala kembung dan retensi cairan. Untuk menyiasati konsumsi garam berlebih, Anda bisa mengganti camilan kentang goreng dengan kentang panggang yang cenderung kadar garam lebih rendah.

3. Kafein

Saat sedang haid atau menjelang haid, disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Sebab kafein dapat memicu gelisah, cemas dan sulit tidur atau insomnia yang turut andil terhadap perubahan mood Anda.Selain teh, kopi yang dikenal dengan kandungan kafein, sebaiknya batasi minuman soda, minuman berenergi, es krim coklat atau minuman dan makanan lain yang mengandung kafein atau kopi. Kandungan kafein ini juga mampu menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, yang memicu terjadinya sakit maag, sehingga menambah rasa tidak nyaman selama haid.

4. Makanan mengandung lemak tinggi

Jenis makanan berlemak sebaiknya memang dihindari karena dapat menyebabkan kembung yang dapat terasa mengganggu, terutama saat haid. Makanan bererlemak yang sebaiknya dihindari meliputi daging berlemak, sosis, kue kering, keju, daging asap, makanan bersantan, dan biskuit.

5. Mengandung alkohol

Alkohol dapat memperburuk gejala premenstrual syndrome (PMS) dan dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah sehingga membuat Anda menjadi lebih sensitif dan cepat marah, gelisah, kelelahan, dan juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Tips-tips sederhana soal makan bagi yang sedang haid

  1. Perbanyak asupan nutrisi berserat semisal sayuran
  2. Minum air hangat
  3. Hindari stressor karena saat haid jadi sangat sensitif
  4. Rajin olah raga selama tidak haid
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker