Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Vagina

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Vagina

Senyumperawat.com – Kebanyakan wanita akan sangat perhatian kepada tubuhnya. Baik itu organ luar maupun dalam. Termasuk pula demi kesehatan vagina. Meskipun tidak sedikit pula wanita yang cenderung cuek terhadap organ satu itu. Alasannya cukup beragam. Ada yang memang tidak peduli karena ia tomboy atau karena sifatnya pemalas. Tapi yang pasti, setiap orang yang tidak merawat tubuhnya berarti ia tidak bersyukur.

Dalam beberapa riset, dinyatakan ada makanan tertentu yang baik untuk kesehatan vagina. Tidak ada maksud lain bagi seorang wanita untuk menjaga kesehatan vagina selain sebagai rasa syukur dan untuk memuaskan suami. Namun dalam kasus lain, ada pula makanan yang buruk jika dikonsumsi bagi kesehatan vagina Anda.

Yogurt tanpa rasa

Yogurt memiliki kadar kalsium dan protein yang tinggi. Ini adalah probiotik, yang berarti mengandung bakteri hidup. Dan varietas yang mengandung bakteri yang disebut Lactobacillus acidophilus dapat membantu menjaga pH vagina dalam kisaran asam, menurunkan risiko ragi dan jenis infeksi lainnya, kata Alyssa Dweck, MD, ob-gyn dan co yang berbasis di New York. -pengarang The Complete A to Z untuk V. Makanan probiotik lainnya, seperti kimchi, asinan kubis, dan kefir (minuman fermentasi yang mirip dengan yogurt) mungkin juga membantu vagina Anda dalam menjaga keseimbangan pH yang tepat. “Probiotik sangat membantu,” kata Dr. Dweck.

Jus cranberry

Jus cranberry efektif untuk mencegah atau meringankan infeksi saluran kemih. Sayangnya, jus ini seringkali mengandung gula. Sebagai gantinya, minumlah jus cranberry tanpa gula jika Anda rentan terhadap Infeksi Saluran Kemih (ISK), saran Dr. Dweck. “Ada bahan tertentu dalam cranberry konsentrat yang membuat lapisan licin pada kandung kemih (dan karena itu lebih resisten) terhadap E. coli, bakteri yang terkait dengan jenis infeksi saluran kemih yang paling umum,” katanya. Semakin banyak Anda minum, semakin tinggi kemungkinan Anda membersihkan bakteri sebelum berkembang biak dan mulai memicu gejala seperti rasa sakit saat buang air kecil.

Teh jahe

Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen untuk menghilangkan kram yang berhubungan dengan PMS. Meskipun penelitian ini berfokus pada kapsul jahe, resep teh jahe ini bisa membantu melakukan triknya: tambahkan dua sendok makan akar jahe segar ke air dan biarkan sampai 15 menit.

Kedelai

Produk kedelai seperti tahu dan edamame mengandung isoflavon yang meniru estrogen, kata Dr. Dweck. Meskipun hal ini tidak dibuktikan oleh sains, beberapa ahli berpendapat bahwa estrogen tanaman dapat memiliki efek yang sama seperti estrogen yang diproduksi secara alami oleh wanita, mengurangi kekeringan vagina yang disebabkan oleh perubahan hormon.

“Ya, produk kedelai pada umumnya mengandung fitoestrogen, yang memiliki beberapa kualitas seperti estrogen,” dia menjelaskan. “Tapi Anda harus mengonsumsi satu ton kedelai untuk mendapatkan efek estrogenik yang nyata dari makanan.” Jika kekeringan adalah sesuatu yang Anda sedang berurusan dengan, Anda mungkin ingin menambahkan produk kedelai ke piring Anda.

Permen

Tentu, sedikit coklat hitam bisa meredakan frustrasi PMS. Tapi secara umum, kelebihan gula tidak ramah terhadap vagina. “Orang yang rentan terhadap infeksi jamur harus mengurangi permen, karena gula dapat meningkatkan pertumbuhan ragi di vagina,” jelas Leena Nathan, MD, ob-gyn di Ronald Reagan UCLA Medical Center. Sekresi vagina mengandung gula, kata Dr. Nathan, dan ragi cenderung tumbuh subur di lingkungan yang manis dan lembap.

Alkohol

Seperti gula, alkohol dapat mendorong ragi untuk tumbuh di vagina, kata Dr. Dweck, dan mungkin juga memperburuk kram menstruasi. Menghindari minuman keras sebanyak mungkin merupakan ide bagus bila harus menjaga bagian tubuh wanita lainnya tetap sehat. Studi telah menghubungkan asupan alkohol dengan risiko kanker payudara.

Share

COMMENTS