Kerja Sama Pengiriman TKI Perawat Di Arab Akan Kembali di Jalin

Senyumperawat.com – Kesempatan bekerja sebagai perawat di Arab akan terbuka. Sebelumnya, kontrak kerja sama pengiriman TKI ke negara-negara Arab telah dihentikan. Termasuk pengiriman perawat di Arab juga akhirnya terhenti. Kondisi ini sudah cukup lama berlangsung karena kebijakan di negeri Arab yang berubah. Setelah mendapatkan kabar bahwa kebijakan di negeri Arab berubah kembali, kini kerja sama disektor tenaga kerja bisa disinergikan kembali.

Pemerintah Indonesia akan meningkatkan kerja sama penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sektor formal ke Uni Emirat Arab (UEA). Peningkatan kerja sama dilakukan dalam bentuk perluasan informasi pasar kerja, akses dan tata cara penempatan, hingga pelatihan kerja bersama.

“Optimalisasi kerja sama dengan Uni Emirat Arab, sangat terbuka. Laju pembangunan di negara tersebut memberi peluang besar bagi TKI Indonesia sektor formal,” kata Hery.

Sektor formal yang dimaksud, di antaranya ahli kecantikan, jasa keamanan, konstruksi, supir, perawat dan sebagainya. Kalau untuk TKI pembantu rumah tangga ke negara tersebut, pemerintah Indonesia sudah menghentikannya sejak 2015 bersama dengan seluruh negara di kawasan Timur Tengah.

Terkait dengan upaya peningkatan kerja sama tersebut, Hery meminta kepada Atase Ketenagakerjaan Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) UEA untuk berperan lebih optimal. Diharapkan, Atase Ketenagakerjaan juga berperan sebagai market intelegence dalam dalam hal pasar kerja, mengaet investor, dan sebagainya.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk UEA, Husin Bagis mengatakan, kerja sama Indonesia dengan UEA di bidang ketenagakerjaan makin terbuka lebar, karena di negara tersebut terjadi perubahan kebijakan ketenagakerjaan.

“Jika sebelumnya urusan ketenagakerjaan di bawah urusan kementerian dalam negeri, mulai 2018 masalah ketenagakerjaan menjadi urusan kementerian ketenagakerjaan,” kata Husin.

Perubahan tersebut, lanjutnya, diharapkan akan memberi keleluasaan dalam kerja sama. Apalagi saat ini UEA sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur dalam rangka menyambut Dubai 2020 sebagai world expo.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementrian Ketenagakerjaan, Maruli A. Hasoloan yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, hendaknya kerja sama ketenagakerjaan dengan UEA tak hanya pada pasar kerja dan perlindungan TKI, namun juga memperkuat kerja sama pelatihan vokasi dan investasi SDM UEA di Indonesia.

Keunggulan menjadi perawat di Arab

Menjadi perawat di Arab banyak memiliki keunggulan. Salah satunya jika bekerja di wilayah Mekah dan Madinah. Menurut beberapa riwayat hadits, kedua kota tersebut tidak akan disambangi oleh Dajjal. Patut disyukuri oleh mereka yang tinggal dikedua kota tersebut.

Bisa ibadah haji gratis. Secara mendasar, melaksanakan ibadah haji tidak ada perlu bayar alias gratis. Lantas kenapa jika berangkat dari Indonesia jadi mahal sekali? Tentu karena transport, konsumsi dan biaya menginap dan lain sebagainya. Selain itu, bisa juga ibadah umroh sewaktu-waktu.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker