Kenapa Tidak Ada Formasi CPNS D3 Kebidanan Dalam Penerimaan CPNS Kemenkes 2017?

Senyumperawat.com – Profesi kebidanan di Indonesia memang sangat dibutuhkan. Terutama bidan desa yang butuh perhatian lebih. Meskipun demikian, lulusan kebidanan sebenarnya sangat banyak. Namun, penyerapan tenaga kerja untuk profesi bidan masih belum memadai. Akhirnya antara jumlah kampus Akademi Kebidanan (Akbid) yang meluluskan puluhan ribu bidan tiap tahun tidak diimbangi dengan terbukanya lapangan kerja.

Bahkan formasi CPNS D3 Kebidanan untuk CPNS Kemenkes 2017 ditiadakan. Hal ini tentu akan menuai tanda tanya besar bagi para bidan. Kenapa hanya bidan D4 dan S2 yang terbuka lowongan CPNS Kemenkes 2017.

Penerimaan CPNS Kemenkes 2017 kali ini formasinya cukup banyak. Untuk direktorat jenderal pelayanan kesehatan, terbuka lowongan CPNS medis di 50 formasi penempatan. Baik rumah sakit atau laboratorium maupun pengamanan fasilitas kesehatan. Untuk direktoran jenderal pencegahan dan pengendalian penyakit terdapat 5 formasi penempatan. Badan PPSDM kesehatan terdiri dari 33 Poltekkes di beberapa wilayah Indonesia.

Untuk formasi profesi yang diberi kesempatan mengikuti tes CPNS Kemenkes 2017 antara lain:

  1. Apotekes Ahli Pertama
  2. Asisten Apoteker Terampil
  3. Dokter Ahli Pertama
  4. Dokter Gigi Ahli Pertama
  5. Dosen (Asisten Ahli)
  6. Entomologi Kesehatan Ahli Pertama
  7. Epidemiolog Kesehatan Ahli Pertama
  8. Fisioterapis Ahli Pertama
  9. Fisioterapis Terampil
  10. Nutrionis Terampil
  11. Perawat Ahli Pertama
  12. Perawat Terampil
  13. Perekam Medis Terampil
  14. Pranata Laboratorium Kesehatan Terampil
  15. Pranata Labarotarium Pendidikan Ahli Pertama
  16. Radiografer Ahli Pertama
  17. Radiografer Terampil
  18. Teknisi Elektro Medis Terampil

Dari sekian banyak alokasi profesi CPNS Kemenkes 2017, CPNS D3 Kebidanan ternyata tidak disertakan dalam formasi di atas. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan regulasi tahun ini yang mana ribuan bidan telah diangkat menjadi PNS. Kondisi ini menjadikan posisi PNS untuk bidan sudah dirasa cukup sementara ini. Demonstrasi besar-besaran pada bidan PTT untuk diangkat menjadi CPNS membuahkan hasil. Lalu wacana bahwa bidan dan guru akan dialihkan menjadi PPPK dan tidak perlu jadi PNS juga kemungkinan akan dimatangkan. (Baca: Bidan dan Guru Tak Perlu Lagi Jadi PNS, Cukup P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)

Kendati demikian, belum ada penjelasan resmi dari pihak Kemenkes terkait tidak adanya formasi CPNS D3 Kebidanan tahun 2017. Boleh jadi karena alasan di atas atau memang ada perencanaan lain.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker