PPNI Sultra: Harapannya Honor Perawat Berlaku UMP, Jika Tidak Perawat Mogok Massal

0
Honor Perawat Berlaku UMP, Jika Tidak Perawat Mogok Massal

Senyumperawat.com – Honor perawat hingga kini masih menjadi polemik tersendiri. Untuk PNS perawat memang gajinya akan sesuai golongannya. Namun untuk perawat honorer atau yang bekerja di instansi swasta masih belum sejahtera. Bahkan sebagian kalangan menilai gaji buruh atau asisten rumah tangga jauh lebih layak.

Tidak hanya itu, adanya sistem tenaga kerja sukarela mengakibatkan status profesi perawat terkesan rendah. Dalam kasus ini, banyak yang menyesalkan adanya sistem ini.

Baca: Ketua PPNI: Besaran Gaji Perawat Seharusnya Minimal 3 Kali UMP

Kini dengan adanya STR, diharapkan perawat akan memiliki nilai lebih. STR (Surat Tanda Registrasi) perawat adalah sarana untuk meningkatkan kompetensi.

Dalam kesempatan lain, PPNI Sulawesi Tenggara (Sultra), Heriyanto berharap gaji perawat setara UMP (Upah Minimum Provinsi). Hal ini mengingat beragam kasus yang mana honor perawat ada yang hanya Rp 200 ribu per bulan. Bahkan ada yang lebih rendah dari itu.

Baca: Gaji Perawat Cuma Rp 80 Ribu?

Haryanto juga menyinggung minimnya honor perawat yang bekerja di rumah sakit atau puskesmas. “Kami di kepengurusan organisasi PPNI, saat ini sedang melakukan upaya advokasi kepada pemerintah untuk dilakukan pengkajian ulang terhadap gaji perawat. Harapannya honor perawat harus berlaku upah minimun provinsi. Jika tidak dipenuhi, maka akan ada upaya organisasi untuk memogokkan perawat secara massal,” tegasnya dikutip dari laman Sultrakini.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.