Gejala Morning Sickness Ibu Hamil Kadang Bisa Sangat Berbahaya

0
Gejala Morning Sickness

Senyumperawat.com – Gejala morning sickness bisa sangat mengganggu aktivitas. Mulai dari rasa mual dan muntah hingga perut terasa kembung. Beragam rasa tidak nyaman pada tubuh ini memang salah satu nikmatnya hamil. Kadang terasa sering muncul tapi kadang pula tidak. Masing-masing ibu hamil memiliki pengalaman tersendiri ketika menghadapi gejala morning sickness.

Gejala morning sickness yang bisa masuk dalam kategori parah adalah ketika sang ibu tak bisa makan apa-apa. Tiap makan pasti muntah. Bahkan, mencium aroma makanan saja langsung mual. Hiperemesis gravidarum bisa saja terjadi jika kondisi tersebut semakin parah. Istilah dasarnya, hiperemesis gravidarum adalah morning sickness yang kelewat parah. Kondisi dimana tubuh sudah tidak mampu lagi dimasukkan nutrisi pada kondisi hamil.

Beberapa riset telah mengemukakan beberapa tanda dan gejala morning sickness. Namun secara umum, mayoritas ibu hamil akan mengalami hal-hal di bawah ini.

  1. Terasa mual saat minum air
    Rasa mual saat minum air bisa saja terjadi. Kondisi perut yang labil sangat mempengaruhi asupan cairan. Maka perlu diperhatikan jika pun adanya gejala dehirasi saat hamil. Rasa mual yang berlebihan seperti ini memang sangat mengkhawatirkan jika tidak segera diatasi. Tubuh ibu hamil akan membutuhkan cairan cukup banyak. Metabolisme akan berlangsung lebih daripada biasanya.
  2. Waspada terjadinya dehidrasi
    Asupan cairan yang tidak terpenuhi dengan baik karena mual dan muntah, dapat beresiko dehidrasi. Sebelum hal ini terjadi, ibu hamil harus segera diberikan tindakan. Boleh jadi, jika mendapati tanda-tanda dehidrasi ini, sang ibu akan segera diberikan terapi cairan secara intravena (infus).
  3. Susah makan
    Rasanya semua yang dimakan tidak akan enak. Perut selalu menolak dan tidak jarang dijumpai ibu hamil yang makin kurus. Kondisi ini harus segera diatasi karena tubuh ibu hamil butuh banyak nutrisi. Bukan lagi makan untuk dirinya sendiri, tapi untuk si kecil juga. Janin membutuhkan banyak sekali energi untuk metabolisme. Perkembangannya terjadi tiap hari bahkan tiap detik. Oleh karena itu, segeralah bawa ke pusat pelayanan kesehatan jika mendapati gejala ini pada sang ibu.
  4. Kondisi hati yang labil
    Rasa jengkel, mudah marah dan segala perasaan yang labil bisa saja lebih dari biasanya. Secara hormon, ibu hamil mengalam gejolak yang luar biasa. Kondisi tidak menentu ini terkadang membuat suami kewalahan.
  5. Tidak mengalami ngidam
    Mengidam adalah sesuatu yang umum selama kehamilan. Namun ketika wanita hamil menderita morning sickness akut, tubuh tidak akan menginginkan makanan.

Peran suami sangat penting

Pada saat-saat seperti ini, peran suami sangatlah membantu. Kondisi labilnya istri adalah pemanis bagi keharmonisan keluarga. Meskipun istri tidak meminta, dalam kondisi ini justru suami sangat diuji kepekaannya. Mulai dari ngambek-nya seorang istri hingga sakitnya kala mengandung.

Beberapa peran suami yang sangat penting tatkala istri mengalami gejala morning sickness. Apalagi kalau sudah dijumpai tanda hiperemesis gravidarum, istri akan semakin labil. Coba perhatikan beberapa poin berikut ini:

Suami hendaknya selalu mendampingi istri saat pemeriksaan kehamilan

  1. Tetap cintai perubahan pada tubuh istri
  2. Tunjukkan sikap kepemimpinan
  3. Perhatikan perkara seks
  4. Manjakan istri
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.