Cara Tes Kehamilan Paling Akurat, Mau Coba?

Senyumperawat.com – Cara tes kehamilan paling akurat selama ini adalah dengan pemeriksaan laboratorium. Tapi sepertinya belum begitu akrab di tengah masyarakat. Tes kehamilan paling akurat selama ini yang menurut masyarakat murah meriah adalah test pack. Bagaimana tidak, harganya sangat terjangkau dan selama ini tetap dipercaya adalah alat itu. Selain tidak perlu bayar mahal, test pack juga sangat mudah didapat. Harganya yang variatif terkadang dijadikan pula untuk hasil pembanding.

Tapi pertanyaannya, apakah akurat menurut masyarakat itu sama dengan istilah akurat menurut pakar medis?

Jelas hal ini sangatlah berbeda. Dalam satu sisi, test pack paling bagus pun dipercaya sudah cukup untuk dipercaya hasilnya oleh beberapa kalangan. Namun ketika Anda pergi ke dokter kandungan, maka terkadang hasil dari test pack belum bisa 100% dijadikan bukti positif hamil. Hal ini akan dokter simpulkan jika pada kenyataannya ada gangguan yang mempengaruhi hasilnya.

Dijelaskan dr Hari Nugroho SpOG, tes hamil melalui urine pada dasarnya mendeteksi kadar beta human chorionic gonadotropin (hCG). Kepekaan tiap alat dalam memberikan nilai positif pun berbeda-beda, sekitar 10-100mIU/mL. Maka memang benar, harga alat mempengaruhi akurasi hasilnya. Tidak salah juga jika ingin lebih akurat, harus rela merogoh kocek lebih dalam.

“Pada kehamilan awal kadang kadar beta hCG belum terlalu meningkat,” ujar dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, dikutip dari laman detikhealth.

Alat tes kehamilan paling akurat menurut dokter kandungan

“Paling akurat dan paling cepat adalah memeriksakan kadar EPF (early pregnancy factor) dalam darah. Kadarnya sudah meningkat 48 jam pasca bertemunya sel telur dan sperma (fertilisasi). Tetapi pemeriksaan ini mahal dan sulit,” tutur dr Hari.

Test kedua paling akurat, lanjut dr Hari, yaitu dengan memeriksa kadar beta hCG kuantitatif dalam darah. Tidak seperti tes urine yang hanya memberikan hasil positif atau negatif, tes ini dapat mengetahui pasti kadar beta hCG dalam darah.

Namun, selain mahal, tes ini juga sering dirasa tidak nyaman karena harus dilakukan lewat pengambilan darah. Menurut dr Hari, tes ini kadang dilakukan untuk mendeteksi perkembangan hamil yang dicurigai ada sesuatu. Misalnya saja seperti hamil anggur, serta membedakan hamil di luar kandungan atau keguguran.

“Tes urine merek apapun kurang lebih memiliki kepekaan yang sama, murah, cepat dan efisien. Sebaiknya, untuk tes hamil menggunakan tes urine ini saja. Kecuali ada kejadian lain yang dianggap perlu oleh dokter sehingga harus dilakukan pemeriksaan lain yang lebih canggih,” pungkas dr Hari.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker