Berkenalan dengan MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia)

Senyumperawat.com – Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia, selanjutnya disingkat MTKI adalah Lembaga yang berfungsi untuk menjamin mutu tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan. MTKI bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 161/Menkes/Per/I/2010 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 28 Januari 2010.

Meskipun permenkesnya sudah lahir pada tahun 2010, namun setahun kemudian kepengurusan MTKI baru dibentuk. MTKI telah dilantik pertama kali oleh Menteri kesehatan RI ibu dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr. PH di Auditorium Lantai 4 Badan PPSDM , Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tanggal 16 Februari 2011.

Kepengurusan yang baru berdiri segera bekerja dan banyak dinamika yang terjadi, sehingga dilakukan perbaikan permenkes tersebut dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1796/MENKES/PER/VIII/2011, yang ditetapkan tanggal 22 Agustus 2011. Beberapa perubahannya adalah masa bakti keanggotaan MTKI menjadi 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali 1 (satu) periode berikutnya dan pengajuan STR boleh dari mana saja, tidak harus dari MTKP.

Dinamika terus berlanjut, pada tanggal 8 Juli 2013, diterbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2013 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan, dimana salah satu perubahannya adalah bahwa proses pengusulan Surat Tanda Registrasi (STR) baik yang berasal dari perorangan, Organisasi Profesi dan Institusi Pendidikan di daerah melalui Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) untuk selanjutnya disampaikan ke MTKI di Jakarta.

Sementara itu Ketua MTKI mengundurkan diri, sehingga ditunjuk PLT Ketua MTKI kepengurusan ke 2, yaitu Prof. dr. Budi Sampurna, SH, DFM, SpF(K), Sp.KP, sementara susunan kepengurusan lainnya tidak ada perubahan.

Pengurus MTKI Periode ke 3 dilantik pada tanggal 02 Mei 2014, dimana nomenklatur Divisi telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan sebagaimana yang termuat dalam Permenkes Nomor 46 tahun 2013. Divisi dalam MTKI terdiri dari Divisi Registrasi, Divisi Uji Kompetensi dan Divisi Pembinaan Profesi disertai adanya Komite Disiplin.

Jadi, sejak didirikan pada tahun 2011, MTKI telah mengalami perubahan baik dari segi Peraturan Menteri Kesehatan, struktur organisasi maupun pengurusnya. Dari sisi regulasi telah 3 kali mengalami perubahan Peraturan Menteri Kesehatan, sedangkan dari sisi struktur organisasi telah 2 kali berubah. Dari sisi kepengurusan, sudah 3 kali ganti Ketua MTKI sementara sebagian besar anggota MTKI belum berubah, hanya ada sedikit pergantian orang. (dk)

Dikutip dari Buku MTKI: Muncul Sesaat Banyak Manfaat

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker