Berhubungan Intim Saat Haid, Resikonya Berbahaya

Berhubungan Intim Saat Haid, Resikonya Berbahaya

Senyumperawat.com – Berhubungan intim saat haid bagi Anda yang beragama Islam tentu sudah paham hukumnya. Namun ternyata tak sedikit yang akhirnya melakukan perbuatan yang dilarang. Misalkan ketika istri haid, ada yang melakukan hubungan intim melalui belakang. Dalam arti, memasukkan kemaluan ke lubang anus. Hal ini menyerupai perbuatan orang-orang non-muslim.

“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah suatu kotoran.” Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri *) dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri” (Qs Al-Baqarah 222).

Muat Lebih

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda, “Lakukanlah segala sesuatu terhadap wanita haid kecuali menyetubuhinya” (hadits riwayat Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, Ad-Darimi).

Dalam penjelasan ayat dan hadits di atas, maka bisa dipahami bahwa berhubungan intim saat haid melalui kemaluan adalah haram. Maka hal ini tidak lagi perlu diperselisihkan. Ketika Allah dan Rosulullah menetapkan suatu hukum, tidak ada kewajiban lain lagi selain mematuhinya.

Penjelasan secara medis larangan berhubungan intim saat haid melalui kemaluan dikutip dari laman Alodokter:

  1. Resiko tinggi terkena infeksi atau tertular penyakit dibandingkan melakukan hubungan seks di luar masa menstruasi. Saat menstruasi, kondisi leher rahim akan terbuka sehingga memungkinkan darah untuk masuk ke dalamnya. Hal tersebut memudahkan bakteri untuk menuju rongga panggul.
  2. Resiko penularan hepatitis ke pasangan saat kondisi seperti ini karena lebih banyak cairan tubuh/darah.
  3. Saat menstruasi, kadar potential Hydrogen (pH) vagina Anda lebih rendah, maka tingkat keasamannya pun berkurang. Kondisi tersebut lebih mungkin untuk infeksi jamur atau bakteri.
  4. Risiko untuk hamil, walau kecil, tetap ada ketika Anda berhubungan intim tanpa pengaman atau kontrasepsi saat menstruasi. Untuk menghindari kehamilan, gunakan kondom saat bercinta.

Tapi tak perlu risau. Rosulullah punya solusi untuk melakukan hubungan intim saat haid. Salah satunya dijelaskan sebagaimana hadits di bawah ini:

Diriwayatkan dari Ikrimah, dari beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا أراد من الحائض شيئا ألقى على فرجها ثوبا

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika hendak melakukan hubungan intim dengan istrinya yang sedang haid, beliau menyuruhnya untuk memasang pembalut ke kemaluan istrinya.” (HR. Abu Daud 272 dan Al-Hafidz Ibn Hajar mengatakan: Sanadnya kuat).

Perbuatan yang dilarang saat istri haid adalah berhubungan intim melalui kemaluan. Namun tidak dilarang jika bercumbu saling memuaskan.

Pos terkait