Bahaya Makan Daging Terlalu Banyak Saat Idul Adha

Bahaya Makan Daging Terlalu Banyak Saat Idul Adha
Bahaya Makan Daging Terlalu Banyak Saat Idul Adha. (Foto: https://cdn2.omidoo.com)

 

Senyumperawat.com – Bahaya makan daging terlalu banyak salah satunya adalah pada proses pencernaan. Manusia diciptakan bukan untuk sekedar makan daging tapi juga tumbuhan atau disebut dengan omnivora. Berbeda dengan makhluk karnivora yang sistem pencernaannya memang khusus untuk mencerna daging. Bukan juga herbivora murni sebab manusia diciptakan juga memerlukan protein nabati. Inilah kesempurnaan penciptaan Allah untuk manusia.

Mengingat ini masih berhubungan dengan hari raya Idul Adha, ada baiknya memang ada penjelasan terkait daging. Ternyata ada juga bahaya makan daging jika terlalu banyak. Misalkan pencernaan menjadi terganggu. Daging akan lebih sulit diserap dengan baik jika kita mengonsumsi daging secara berlebih dalam seharinya.

Menurut pendiri aplikasi makan sehat Foodstand, Rachna Govani, ada dua kebiasaan yang membuat tubuh jadi sulit menyerap daging. Pertama karena mengonsumsi daging kebanyakan.

“Salah satu alasan tubuh kesulitan mencerna daging karena mengonsumsi terlalu banyak,” kata Govani mengutip Bustle, Minggu (3/9/2017).

Dia menyarankan, mengonsumsi daging merah hanya seukuran telapak tangan saja. Jika pun mau lebih banyak, maksimal hanya dua kali ukuran telapak tangan saja.

Dokter spesialis penyakit dalam RS Ciptomangunkusumo, Ari Fahrial Syam juga memberikan nasihat seputar bahaya makan daging terlalu banyak. “Dampak langsung akibat mengonsumsi daging berlebihan adalah sembelit,” katanya.

Bukan hanya itu, bahaya makan daging terlalu banyak lainnya adalah wasir/ambeien. Haemorhoid atau sering dikenal dengan wasir akan mudah sekali terjadi jika kita tidak makan sayuran. Bahkan jika terus-terusan makan daging, tidak menutup kemungkinan akan semakin parah. Darah bisa saja tidak kunjung berhenti keluar saat buang air besar.

Jadi, jangan berlebihan dalam segala hal. Sebab semua yang berlebihan itu tidak baik.

Pos terkait