Angka Kematian Ibu Masih Didominasi Hipertensi, Maka Rajinlah Periksa Saat Hamil

0
Angka Kematian Ibu

Senyumperawat.com – Angka Kematian Ibu (AKI) masih menjadi bahasan penting. Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menyatakan mayoritas penyebab kematian ibu melahirkan di daerah itu karena faktor pre-eklamsi, pendarahan yang dipicu kondisi hipertensi yang dialami ibu hamil.

“Rata-rata penyebab kematian ibu tersebut karena mengalami pre-eklamsi atau keracunan kehamilan,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Lis Wulandari di Tulungagung, Selasa.

Ia tak menyebut spesifik kasus pre-eklamsi pada kurun Januari hingga akhir Agustus 2017 maupun tahun-tahun sebelumnya.

Lis mengatakan kejadian kematian ibu melahirkan ataupun ibu hamil akibat pre-eklamsi sering ditemukan dengan rasio di atas 50 persen dari total kejadian kematian ibu hamil/melahirkan di Tulungagung.

Pada periode Januari-Agustus 2017, angka kematian ibu (AKI) tercatat di Bagian Pelayanan Kesehatan Dinkes Tulungagung sebanyak 11 kasus. Jumlah itu hampir mendekati angka kasus kematian ibu hamil/melahirkan pada kurun 2016 yang mencapai 18 kejadian.

“Angka kematian ibu di Tulungagung ini terbilang masih rawan, meski rasionya masih di bawah rata-rata nasional,” katanya.

Selain faktor pre-eklamsi, Lis mengatakan pemicu kematian ibu hamil/melahirkan biasanya karena terjadi pendarahan.

Tinggalkan Komentar