Waktu yang Paling Baik Untuk Minum Susu

Waktu yang Paling Baik Untuk Minum Susu

Senyumperawat.com – Sebagian dari kita boleh jadi masih ada yang bertanya-tanya kapan waktu yang paling baik untuk minum susu. Pada dasarnya banyak juga yang melatarbelakangi. Ada memang beberapa jenis susu yang baik diminum disaat tertentu pula. Misalkan susu ibu hamil, tentu paling baik waktunya adalah saat hamil. Akan jadi aneh jika susu ibu hamil diminum oleh seorang gadis. Malah bisa jadi fitnah dikira hamil di luar nikah.

Ada pula susu yang khusus diminum saat bayi. Jelas tidak cocok jika diminum saat sudah dewasa. Begitu pula sebaliknya. Jika bicara soal waktu minum susu yang paling baik dengan sudut pandang waktu secara luas.

Lalu kapan waktu paling baik minum susu dalam sehari?

Basicly, waktu yang paling baik untuk minum susu tergantung dari kebutuhan kita. Namun memang minum susu sebelum tidur menurut beberapa pendapat jauh lebih baik. Sebagaimana minum obat, proses pencernaannya jauh lebih baik karena kondisi tubuh sedang istirahat. Manfaat salah satunya adalah penyerapan nutrisi jadi lebih optimal dan bisa didistribusikan lebih baik ke seluruh tubuh. Selain itu, minum susu sebelum tidur bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini karena kandungan triptofan pada susu yang memancing dilepaskannya melatonin, hormon yang terkait dengan kualitas tidur. Akan lebih baik jika yang diminum adalah susu murni bukan susu kental manis. Sebab susu kental manis mengandung terlalu banyak gula. Tapi ingat, jangan minum terlalu banyak. Bukannya cepat tidur tapi justru susah tidur karena bolak-balik kamar mandi.

Minum susu pada pagi hari juga termasuk baik. Sebab nutrisi dalam susu sangatlah tinggi. Jika dikonsumsi secara cukup maka akan memberikan tambahan energi untuk aktivitas seharian.

Pos terkait