Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Cairan

0
Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Cairan

Senyumperawat.com – Kekurangan cairan pada tubuh akan berdampak negatif. Mulai dari kulit kering hingga sulit BAB. Tapi tentunya tidak hanya itu saja, masih ada dampak negatif lainnya. Beberapa tanda tubuh kekurangan cairan harus kita ketahui dulu. Tanda tubuh kekurangan cairan akan diurai di bawah.

Rasa haus di tenggorokan terkadang begitu sulit diredam. Tapi jangan disamakan dengan saat puasa. Kaidahnya berbeda antara kekurangan cairan dengan puasa. Sebab, puasa memang sudah diperhitungkan bahwa saat berbuka cairan tubuh sudah akan tergantikan.

Beberapa tanda-tanda tubuh kekurangan cairan di antaranya:

Mulut kering

Mulut terasa kering, bibir juga terasa kering dan boleh jadi dompet juga tampak makin kering. Jika kita mendapati kondisi tubuh kita semacam itu, boleh jadi sudah tanggal tua. Ditambah lagi tanda-tanda tubuh kekurangan cairan juga terasa. Jadi kalau Anda adalah anak kos, mungkin bisa segera ke tempat wudhu masjid dan mengisi persediaan air di sana.

Massa otot menurun

Sebagian besar otot terdiri dari air. Sehingga saat kamu kurang minum maka massa otot akan berkurang. Hal ini karena sebagian besar tubuh kita memang terdiri dari air. Ketika kondisi tubuh kekurangan cairan maka memang akan berpengaruh cukup besar.

Kesadaran mulai menurun

Untuk kasus ini, sudah masuk ke masalah dehidrasi. Fokus mulai berkurang dan badan terasa sangat lemas. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pingsan (sinkop).

Tubuh terasa lemas

Meskipun bukan termasuk dehidrasi, tapi saat puasa dan sudah masuk sore hari maka tubuh terasa lemas. Inilah salah satu tanda tubuh kekurangan cairan tubuh. Namun tidak perlu terlalu khawatir karena manfaat puasa sangatlah besar. Berbeda jika memang kita dehidrasi dimana tubuh kita mungkin masih sakit dan tiap minum langsung dimuntahkan. Sehingga tubuh kekurangan asupan cairan.

Pentingnya air bagi tubuh, harusnya menjadi perhatian besar bagi kita. Jangan meremehkan untuk segera minum ketika tubuh sudah mulai mengalami tanda di atas.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.