Peluang Jadi Perawat di Australia, Harus Lulus IELTS Minimal Nilai 7

Senyumperawat.com – Mengangkat tema “Working as a Nurse in Australia : Opportunities and Requirement”, Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Unsoed menggelar kuliah umum, Selasa (23/5). Kegiatan yang bertempat di Ruang Rapat Lantai I Rektorat Unsoed, menghadirkan narasumber Muhamad Arifin, MHS (Nurse Unit Manager, War Memorial Hospital, Sydney Australia).

Wakil Dekan Bidang Akademik Jurusan Keperawatan Dr. Saryono, S.Kep,M.Kes dalam pembukaannya menyampaikan bahwa tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk meningkatkan minat lulusan Keperawatan untuk bisa bekerja di luar negeri, khususnya di Australia. Kegiatan diikuti oleh 150 mahasiswa Jurusan Keperawatan yang merupakan perwakilan dari semua angkatan.

Dalam pemaparannya Muhamad Arifin, MHS menyampaikan tentang trend, peluang, tantangan dan strategi menembus pasar kerja perawat di Australia. Menurutnya, untuk bisa bekerja menjadi perawat di Australia, harus menguasai bahasa Inggris (IELTS: nilai 7 di setiap komponen yaitu speaking, listening, writing, dan reading), Dokumen (transkrip, nilai, dan identitas), dan Skills / keahlian. Trend yang ada antara lain tingginya usia harapan hidup (pola hidup sehat, regular check up, dan safety), banyaknya jumlah pasien lansia, perawatan yang terukur, sistem elektronik yang makin mudah, dan di Indonesia jumlah pengangguran terdidik overqualified.

Terkait dengan peluang perawat di Australia, disampaikan bahwa masih kurangnya jumlah perawat, tingginya minat perawat dari Indonesia, ruang lingkup kerja yang luas (pelaksana, pengajar, peneliti, paramedis, clinic, lab/radiologi, dan komunitas), gaji tinggi, prospek karir dan pendidikan yang baik, online system, dan adanya program beasiswa pemerintah. “Yang menjadi tantangan yaitu standar kerja/tuntutan skill yang tinggi, pelayanan yang bermutu, dan tingginya mobilitas tenaga profesional yang masuk (inflow). Strategi yang perlu dipersiapkan yaitu menyiapkan diri baik bahasa, skills, dan dokumen yang dibutuhkan”, jelasnya. (Destur/Unsoed)

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker