Manfaat Kesehatan Buah Jambu Biji

Jika pun kini ada minuman buah jambu biji yang instan, mungkin saja ada baiknya. Namun perlu diingat, kandungan pengawet dalam kemasan tidak bisa dipungkiri.

Senyumperawat.com – Manfaat kesehatan buah jambu biji sudah tidak diragukan lagi. Penelitian demi penelitian telah membuktikannya. Mulai dari manfaat yang sangat kecil hingga yang tak ternilai. Jambu biji memiliki varian yang cukup banyak. Tapi saat ini kita tidak akan membahasnya. Namun sebatas yang mesti Anda ketahui, apa saja manfaat kesehatan buah jambu biji.

Dirincikan dalam laman Boldsky, setidaknya ada 10 Manfaat kesehatan buah jambu biji. Salah satu kandungan buah jambu biji yang bernilai tinggi adalah vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat kesehatan yang tinggi pula. Baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

Mengandung serat tinggi
Mencegah lonjakan kadar gula dalam darah. Tentu sangat baik bagi penderita diabetes. Selain itu, serat tinggi sangat baik untuk sistem pencernaan.

Jambu biji mengandung vitamin A
Vitamin A tentu saja identik dengan mata. Selain itu bisa juga untuk menyegarkan kulit dan antioksidan. Sangat baik bagi Anda yang memiliki aktivitas berlebih di luar rumah.

Memperlancar sistem pencernaan
Telah dibahas di awal bahwasanya kandungan serat buah jambu biji cukup tinggi. Kandungan lycopene dalam jambu biji sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Mempertahankan jumlah sel darah
Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semuanya bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah Anda.

Menjaga imunitas tubuh
Jambu adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab jambu mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit.

Anti radang
Kandungan lycopene di dalam jambu bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.

Mencegah kanker
Karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien, maka buah ini efektif untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin C dosis tinggi di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker.

Menjaga tekanan darah
Jambu biji memiliki manfaat mengagumkan untuk menjaga tekanan darah. Sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah.

Mencegah penuaan dini
Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.

Jika pun kini ada minuman buah jambu biji yang instan, mungkin saja ada baiknya. Namun perlu diingat, kandungan pengawet dalam kemasan tidak bisa dipungkiri. Alangkah lebih baik jika menyiapkan persediaan buah segar di rumah. Manfaat kesehatan buah jambu biji bisa lebih terasa jika kita tidak mendampinginya dengan bahan pengawet atau sejenisnya. Buah segar kini tidaklah sulit untuk didapatkan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker