Lowongan Kerja Perawat di Luar Negeri Jauh Lebih Menjanjikan dan Dihargai

Senyumperawat.com – Lowongan kerja perawat di luar negeri semakin menjanjikan. Pasalnya, perawat Indonesia termasuk paling disukai. Oleh karenanya, permintaan kerja sama pengiriman TKI perawat terus bertambah. Sayangnya, penyedia tenaga kerja perawat yang siap dikirim ke luar negeri masih bellum optimal. Perawat Indonesia lebih dihargai di luar negeri daripada dalam negeri. Hal ini bisa dilihat dari pernyataan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) tentang prestasi perawat Indoenesia di luar negeri.

“Kualitas perawat Indonesia sebenarnya tidak kalah dari Filipina. Apalagi perawat Indonesia terkenal dengan sikapnya yang ulet, teliti, dan ramah,” ujar Agusdin Subiantoro, Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI.

BNP2TKI mengemukakan bahwa kawasan Asia Timur antara lain Jepang, Taiwan, dan Hong Kong merupakan negara yang terus mencatatkan peningkatan permintaan perawat lansia dan perawat. Berbeda dengan Taiwan yang permintaan didominasi oleh individual dan perusahaan, pengiriman perawat lansia dan perawat ke Jepang harus melalui kerja sama bilateral.

Tentu ini adalah lowongan kerja perawat yang sangat potensial. Tidak hanya bisa belajar lebih banyak, di sana perawat dihargai tinggi atas kinerjanya. Gaji yang dialokasikan untuk tenaga medis pun tidak tanggung-tanggung. Gaji perawat biasanya per bulan di atas 10 juta.

Per 2017, pengiriman perawat dan pengasuh lansia ke Jepang meningkat 16,1% (year-on-year/yoy) menjadi 324 dengan rincian 29 perawat dan 295 pengasuh lansia, seperti dikutip dari laman Bisnis.com.

Sepanjang 2008-2016, setidaknya Pemerintah Indonesia telah memberangkatkan perawat dan pengasuh lansia sebanyak 1.792 melalui kerjasama Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Menurut data BNP2TKI, tiap tahun ada permintaan 16.000 perawat, namun Indonesia pada 2016 hanya mampu mengirim 200 orang di sektor keperawatan.

Selain ke Asia Timur, BNP2TKI juga menawarkan ribuan pekerjaan bidang keperawatan di negara lain seperti Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Lulusan akademi perawat Indonesia sangat dibutuhkan di negara-negara tujuan seperti, Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Arab Emirat (UAE), Jepang dan Taiwan.

Perawat Indonesia di luar negeri cenderung diunggulkan dibanding perawat-perawat dari negara lain di Asia, karena perawat Indonesia dikenal jarang mengeluh, rajin, ulet dan sigap mematuhi perintah atasannya.

Meski demikian, masih ada pekerjaan rumah yang besar bagi para perawat Indonesia yang ingin bekerja ke luar negeri, terutama dalam memperbaiki penguasaan percakapan dam Bahasa Inggris, menghilangkan perasaan inferior dalam bernegosiasi, memperbaiki CV yang cenderung tidak menjual, sertifikasi yang baik, dan mengatasi perasaan rindu kampung halaman (homesick). (Destur)


Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker