Begini Penghitungan SKP Bidan Sebagai Syarat Perpanjangan STR

Senyumperawat.com – STR Bidan, Perawat atau tenaga kesehatan lain berlaku selama 5 tahun. Selama kurun waktu 5 tahun tersebut, bidan diwajibkan untuk mengumpulkan 25 SKP sebagai syarat perpanjangan STR. Untuk mencapai 25 SKP tersebut, tentunya harus mengikuti seminar atau pelatihan. Permenkes 1796 tahun 2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan pasal 5 menyebutkan bahwa sertifikat kompetensi yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang melalui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan dan/atau pelatihan, serta kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan bidang tugasnya atau profesinya.

Partisipasi tenaga kesehatan tersebut dapat digunakan sepanjang telah memenuhi persyaratan perolehan Satuan Kredit Profesi (SKP). SKP selama 5 tahun harus mencapai minimal 25 SKP, seperti dikutip dari laman Majalahbidan.com.

SKP adalah jumlah kredit partisipasi yang diperoleh bidan setelah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi bidan yang meliputi:

  1. SKP Kegiatan Profesi
  2. SKP kegiatan simposium/seminar (kognitif)
  3. SKP kegiatan Workshop/Pelatihan
  4. SKP Kegiatan Pengabdian masyarakat
  5. SKP Kegiatan Pengembangan Profesi
  6. SKP Kegiatan menyusun dan publikasi Karya ilmiah

Setiap kegiatan pengembangan keprofesian bidan akan diberikan SKP oleh PP /PD IBI. Penghargaan SKP diberikan pada bidan yang telah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian tersebut diatas. (Destur)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker