Ada yang Bilang Profesi Perawat Itu Menyenangkan, Tapi Tak Sedikit yang Bilang Menyakitkan

Senyumperawat.com – Ada sebuah website mengemukakan bahwa profesi perawat itu memiliki banyak kelebihan. Disebutkan beberapa poin yang nanti beberapa di antaranya bisa di bawah. Dulu, memang asumsi ini tidaklah masalah sebab kampus negeri masih punya ikatan dinas. Ketika lulus maka langsung diterima menjadi seorang PNS dan bekerja di instansi pemerintah. Atau sudut pandang yang digunakan dalam mengemukakan itu adalah potret perawat di negera maju. Jelas, bukan hanya kesejahteraan saja yang terjamin tapi juga profesi perawat di sana dihargai tinggi.

Beberapa kelebihan profesi perawat pernah diuraikan dalam laman All Women Stalk. Beberapa di antaranya bisa disimak di bawah ini:

Banyak belajar

Menjadi seorang perawat selalu diidentikkan dengan jam kerja yang full. Dalam sehari jam kerja dibagi tiga. Hal ini dinilai oleh laman tersebut bahwa perawat bekerja dengan bergantian dan bisa belajar banyak hal. Termasuk belajar tentang kasus kesehatan yang terjadi. Baik itu penyakit dan perawatannya.

Memberi perubahan

Profesi perawat dinilai oleh laman tersebut sebagai pemberi perubahan. Perubahan tersebut baik kecil atau besar, sederhana atau kompleks. Perawat dapat memberikan perubahan pada kehidupan seseorang. Terutama bagi pasien tentunya. Interaksi yang intens dengan pasien memberikan ikatan hati yang mendalam. Bahkan keperluan hidup pasien dibantu oleh perawat baik itu mandi, makan dan lain sebagainya.

Baca juga  Inilah yang Mempengaruhi Gairah Seksual Pria

Profei perawat merupakan pekerjaan yang penting

Perawat lebih banyak memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Bahkan kebutuhan perawat di pusat layanan kesehatan selalu paling banyak dibandingkan profesi kesehatan lain. Pekerjaan pun bisa dbilang paling banyak pula.

Pelajaran dari pasien

Memerhatikan kondisi terburuk seorang pasien memang bukan hal menyenangkan. Namun dari situ, perawat bisa mengambil pelajaran berharga untuk selalu bersyukur tentang kesehatan.

Teman kerja menyenangkan

Perawat memiliki kepribadian yang penuh perhatian, empati, kuat, lucu, cerdas, dan ramah. Bukankah menyenangkan jika bisa bekerja dengan tipe teman seperti itu?

Berusaha menerima kehilangan

Masa-masa paling menyedihkan ketika perawat bekerja adalah menyaksikan kematian. Namun hal itu bisa dijadikan pelajaran berharga agar mereka bisa berusaha untuk menerima kehilangan.

Baca juga  Stop Diskriminasi Terhadap Perawat dan Berikan Gaji yang Layak!

Apakah di dalam negeri profesi perawat bisa semenyenangkan itu?

Inilah problematika yang selama ini dirasakan oleh perawat di Indonesia. Tidak sedikit yang akhirnya menilai bahwa profesi perawat itu merupakan salah satu profesi paling menyakitkan. Bagaimana tidak, kesejahteraan perawat hingga tahun 2017 ini masih belum bisa dikatakan sejahtera. Masih ada perawat yang digaji lebih rendah daripada buruh. Masih saja terdengar jeritan perawat yang belum mendapatkan pekerjaan. Masih saja ada perawat yang mengalami kesulitan mendapatkan STR.

Basicly, memang tidak bisa digeneralisir antara perawat di luar negeri dengan perawat di Indonesia. Dimana saat ini perawat di luar negeri bisa bergaji puluhan juta per bulan atau kehidupan yang cukup membanggakan. Melihat ketimpangan ini, memang peluang bekerja di luar negeri semakin terbuka. Mengingat kiprah perawat Indonesia di luar negeri memang sudah membuat mereka ketagihan untuk kembali impor perawat. Semoga ke depannya, kesejahteraan perawat bisa diperbaiki lagi demi meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.


Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker