424 Ribu Perawat di Indonesia Jadi Pengangguran

424 Ribu Perawat di Indonesia Jadi Pengangguran

Senyumperawat.com – Terbatasnya lapangan pekerjaan bagi lulusan pendidikan keperawatan di dalam negeri semakin menambah angka pengangguran dari sektor tersebut. Data yang ada saat ini diseluruh Indonesia terdapat 863 ribu perawat sedangkan yang terserap didunia kerja seperti di Rumah Sakit, Puskesmas maupun Klinik hanya sebanyak 439 ribu. Sedangkan sisanya menganggur.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Pelindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid disela-sela kegiatan Sosialisasi peluang kerja di luar negeri sektor perawat dipendopo Kabupaten Kudus, Jumat (24/3) petang tadi mengatakan, peluang kerja menjadi tenaga kerja profesional di luar negeri dari sektor tenaga medis yakni perawat untuk rumah sakit dinegara timur tengah, Australia, Amerika maupun Jepang masih banyak. Dimana setiap tahun ada 16 ribu perawat yang dibutuhkan.

Dikatakan Nusron, peluang ini harusnya bisa diambil oleh ratusan ribu perawat di Indonesia yang belum bekerja karena dari data setiap tahun terdapat lulusan sebanyak 43 ribu sedangkan yang terserap didunia kerja hanya 14 – 15 ribu sehingga ada 27 – 28 ribu perawat yang menganggur, seperti dikutip dari laman Elshinta.

Lanjut Nusron, untuk gaji menjadi perawat di luar negeri cukup menjanjikan minimal 4.000 dollar belum termasuk uang lembur dan kerja dihari libur.

Diakui Nusron, pemerintah memang mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan perawat ke luar negeri karena kendala medical english. Untuk itu, pemerintah tahun ini siap memfasilitasi 1.000 perawat yang bersedia bekerja di luar negeri mengikutkan ujian sertifikasi perawat internasional secara gratis.

Sehingga bagi siapapun dipersilahkan untuk mendaftar agar mengurangi pengangguran dari sektor perawat di Indonesia yang saat ini bekerja dengan gaji yang tidak layak sebagai tenaga honorer. (Destur/Elshinta)

Share

COMMENTS (1)

  • comment-avatar
    shinta 09/05/2017

    ini data tahun brp kak?