Solusi Jitu Memperbanyak ASI yang Jarang Ibu Praktikkan

0

Senyumperawat.com – Memperbanyak ASI, mungkin tidak banyak ibu melakukan cara di bawah ini. Namun semoga para ibu dapat mendapatkan wawasan setelah membaca ini. Untuk ibu baru atau dalam makna baru menjadi ibu untuk pertama kalinya, seringnya ASI tidak langsung keluar. ASI kemungkinan baru akan keluar sekitar 3-4 hari usai persalinan. Berbeda dengan seorang ibu yang sudah dikaruniai anak kedua.

Jika ibu mengalami masalah pada produksi ASI, beberapa menu di bawah ini bisa dicoba untuk memperbanyak ASI. Masalah yang mungkin sering terjadi adalah produksi ASI yang sedikit. Menu yang pasti biasa disarankan oleh orang tua adalah daun katu. Tentu daun ini sangatlah terkenal dengan khasiatnya yang luar biasa memperbanyak ASI.

Menu sehat untuk memperbanyak ASI

Kurma
Kalsium dalam kurma sangat baik untuk memperbanyak ASI. Fungsinya juga dapat meningkatkan prolaktin yang merupakan hormon yang berfungsi membantu wanita menghasilkan ASI. Mencoba mengonsumsi kurma sebagai cemilan saat menyusui juga dapat menambah asupan energi bagi ibu.

Kacang-kacangan
Kacang merah, kacang hitam, dan beberapa kacang lainnya mengandung zat besi, vitamin, mineral, dan protein yang tinggi. Semua itu sangat baik untuk memperbanyak ASI.

Sayuran berwarna hijau tua
Sayuran hijau kaya akan nutrisi dan mengandung jumlah kalsium, folat, betakaroten, dan riboflavin yang tinggi.

Gandum
Makanan yang baik untuk memperbanyak ASI salah satunya adalah gandum. Serat dalam gandum sangatlah tinggi. Gandum banyak mengandung zat besi yang berguna melawan anemia, penyebab kacaunya suplai ASI yang umum terjadi pada ibu baru.

Ikan salmon
Ikan satu ini tidak diragukan lagi kandungan proteinnya yang melimpah. Selain salmon, jenis ikan lain juga boleh dikonsumsi sebagai sumber protein agar asupan gizi Ibu tercukupi.

Tips sehat untuk memperbanyak ASI

  1. Berikan ASI lebih sering
  2. Durasi saat memberikan ASI diperlama
  3. Kosongkan ASI dari satu payudara baru berpindah ke payudara lain
  4. Lakukan perawatan payudara dengan pijatan lembut
  5. Pastikan posisi mulut bayi sudah benar saat menyusu
  6. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi atau obat tertentu yang dilarang
  7. Istirahat yang cukup
  8. Jauhi stressor

Ketika sudah memutuskan hendak menjadi ibu, maka langkah awalnya adalah belajar menjadi ibu. Ketika sudah benar dalam memahami cara menjadi ibu, maka ketika sudah memiliki anak tidak kaget. (Destur)

Tinggalkan Komentar