Kadang Pola Olahraga yang Salah Mempengaruhi Kesehatan Gigi dan Mulut

Senyumperawat.com – Kesehatan gigi dan mulut bukan hal yang mudah untuk dijaga. Ada pun masalah gigi dan mulut yang mungkin sering kita jumpai adalah gigi sensitif, gusi bengkak, gigi berlubang atau mulut terasa kering. Semua itu ternyata cukup ada dipengaruhi oleh pola olahraga. Maknanya, salah satu cara untuk mengantisipasi kesehatan gigi dan mulut adalah dengan merubah pola olahraga yang sekiranya kurang tepat.

Mencegah gigi sensitif

Ada baiknya untuk melakukan olahraga di dalam ruangan. Mungkin saja Anda lebih suka olahraga di luar ruangan. Barangkali karena memang tak ada cukup ruangan di rumah sehingga lebih memilih di luar. Bisa juga karena memang Anda menyukai olahraga yang bersifat outdoor. Ternyata ketika Anda olahraga di luar, Anda akan lebih sering menghirup udara luar. Terkadang udara itu berhawa dingin sehingga meningkatkan sensitivitas gigi. Bisa juga ketika Anda mulai lelah, minuman yang akan Anda cari adalah minuman dingin. Sering minum dingin pun cukup meningkatkan sensitivitas gigi.

Gigi berlubang dan mudah keropos

Untuk mencegah hal ini, salah satunya adalah dengan menghindari minuman dengan rasa atau warna. Minumlah air mineral untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menghindari minuman dengan pemanis dan perisa akan sangat membantu. Jika pun Anda merasa butuh minuman yang bisa mengganti elektrolit, carilah degan. Segar alami 🙂

Baca juga: Inilah 13 Khasiat Minyak Kelapa (VCO)/Virgin Coconut Oil

Mulut terasa kering

Minum air sepanjang hari untuk memastikan Anda terhidrasi dengan baik sebelum Anda berlatih. Teguk empat sampai enam ons air putih setiap 15 sampai 20 menit untuk mencegah mulut menjadi kering selama latihan berlangsung.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sekali lagi kami katakan tidaklah mudah. Tapi ketika sudah memahami caranya, maka kemudian kita akan berkata tidaklah sulit. Mengenali tubuh kita tidaklah semua orang mampu tapi minimal diri kita sendiri bisa menilainya. Ada kalanya kita memang berada pada kondisi fit, tapi kadang juga sedang tidak fit.

Salah satu kondisi di mana tubuh kita tidak fit itu pun menjadi faktor pendukung munculnya masalah kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu olahraga adalah solusi yang tepat. Namun kembali lagi beberapa tips di atas mesti diperhatikan. (Destur)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker