Lowongan Kerja Perawat Dalam Negeri Masih Kurang, 28 Ribu Perawat Jadi Pengangguran Per Tahun

0

Senyumperawat.com – Jumlah lulusan perawat tidak seimbang dengan jumlah lowongan kerja perawat. Hal ini diungkapkan sendiri oleh kepala BNP2TKI, Nusron Wahid. Instanti pendidikan yang mencetak perawat hampir mencapai 1000 di Indonesia. Dalam artian ada puluhan ribu calon pengangguran tiap tahun untuk profesi perawat.

Lowongan kerja perawat masih kurang

Lowongan kerja perawat masih sangat kurang di tanah air. Berdasarkan data BNP2TKI, setiap tahun terdapat lulusan tenaga perawat sebanyak 43.150 orang dari 863 institusi pendidikan perawat di Tanah Air. Data juga menunjukkan lowongan kerja perawat yang tersedia di dalam negeri berkisar 14.000 hingga 15.000 lowongan.

Dengan demikian, lanjut dia, masih ada lulusan tenaga perawat yang mencapai 28.000 orang per tahunnya belum mendapatkan pekerjaan atau menganggur.

Solusi mengurangi perawat pengangguran

Program pengiriman perawat ke luar negeri masih akan berlanjut. Hal ini sebagai langkah mengurangi perawat yang masih pengangguran. Apabila peserta mengikuti program kursus tenaga keperawatan untuk mendapatkan sertifikasi secara mandiri, biaya yang ditanggung berkisar Rp16 juta hingga Rp20 juta.

Nusron berharap, program lowongan kerja perawat ke luar negeri bisa mengurangi tingkat pengangguran. Khususnya dari lulusan keperawatan di Tanah Air yang setiap tahunnya meningkat tajam.

“Pemerintah memang sedang mendorong peningkatan penempatan TKI formal, menyusul adanya moratorium TKI informal ke Timur Tengah,” ujarnya. (Destur/Mdk)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.