Yakinlah, Kualitas Perawat Indonesia Tidak Kalah dari Perawat Filipina dan India

Senyumperawat.com – Peluang kerja perawat di luar negeri itu sangat luas. Keterampilan perawat Indonesia pun tidak kalah dengan perawat-perawat dari Asia lainnya, seperti Filipina atau India.

Perawat Indonesia di luar negeri cenderung diunggulkan dibanding perawat-perawat dari negara lain di Asia, karena perawat Indonesia dikenal jarang mengeluh, rajin, ulet dan sigap mematuhi perintah atasannya. Meski demikian, masih ada pekerjaan rumah yang besar bagi para perawat Indonesia yang ingin bekerja ke luar negeri, terutama dalam memperbaiki penguasaan percakapan dam Bahasa Inggris, menghilangkan perasaan inferior dalam bernegosiasi, memperbaiki CV yang cenderung tidak menjual, sertifikasi yang baik dan mengatasi perasaan rindu kampung halaman (homesick).

Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN II (Dir PH II) BNP2TKI, Yana Anusasana, menekankan poin-poin tersebut dalam Seminar Nasional Keperawatan 2017 bertema “Peluang Kerja ke Luar Negeri dalam Menghadapi Era SDG 2015-2030”. Menurut Yana, tantangan dan masalah yang dihadapi Indonesia saat ini adalah adanya kesenjangan (gap) antara supply dan demand ketersediaan perawat di Indonesia. Masih ada sekitar 30 % perawat yang tidak terserap di tahun 2015 dan jumlah tersebut mungkin saja terus bertambah tiap tahunnya. Padahal, peluang kerja di Luar Negeri begitu luas dan perawat Indonesia juga lebih difavoritkan.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada adik-adik yang berminat menjadi perawat di Luar Negeri, mulai sekarang persiapkan diri kalian. Kuasai bahasa Inggris dan perbaiki CV kalian. Tidak perlu takut atau minder. Percayalah, keterampilan perawat Indonesia tidak kalah dengan perawat dari Filipina atau India,” tutur Yana.

Seminar Nasional Keperawatan 2017

Pada Sabtu (14/01/2017), Ikatan Alumni Perawat Kesdam II Sriwijaya dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sumatera Selatan menggandeng BP3TKI Palembang dalam Seminar Nasional Keperawatan 2017 bertema “Peluang Kerja Perawat ke Luar Negeri Dalam Menghadapi Era SDG 2015-2030”.

Seminar Nasional yang digelar dalam rangka membantu menyiapkan perawat ke luar negeri yang mampu bersaing di era globalisasi dan siap berkompetisi di pasar global ini dilangsungkan di Hotel Quin Centro, Palembang. Seminar ini dihadiri oleh para alumni AKPER Kesdam II SWJ, mahasiswa keperawatan di Palembang, dan para perawat yang telah bekerja di rumah sakit di Palembang sebagai peserta.

Hadir sebagai narasumber Seminar Nasional Keperawatan 2017 adalah Direktur PH II BNP2TKI Yana Anusasana, Kepala BP3TKI Palembang Mangiring H. Sinaga, Ketua PPNI Prov. Sumatera Selatan Subhan, Alumni AKPER Kesdam II SWJ yang pernah bekerja di Kuwait Tasdiana yang merupakan salah satu pengajar dari Lembaga Pelatihan Perawat ke Luar Negeri dan perwakilan PPTKIS.


Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker