Pendaftaran TKI Perawat ke Jepang 2018 Dimulai Sejak 16 Maret – 30 Mei 2017, Begini Daftarnya!

Senyumperawat.com – Pendaftaran TKI perawat ke Jepang akan segera dibuka. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) telah membuat kerjasama dengan Jicwels dalam kerangka Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) untuk menempatkan tenaga kesehatan khusunya perawat ke Jepang setiap tahunnya. Pada tahun 2016 lalu penempatan TKI perawat ke Jepang sebanyak 33 orang, sedangkan perawat orangtua sebanyak 285 orang.

Pelaksanaan Pra Pendaftaran Penempatan TKI Nurse dan Careworker Program G to G ke Jepang Tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2017 dan ditutup pada 30 Mei 2017. Pendaftaran calon TKI Kandidat Nurse dan calon TKI Kandidat Careworker akan dilakukan melalui on line sistem di website BNP2TKI dengan mengisi data diri dan mengunggah (upload) dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

Berikut ini pengumuman resmi dari BNP2TKI terkait pendaftaran TKI perawat ke Jepang tahun 2018:

Merujuk pada pengumuman nomor : PENG. 148/PEN-PPP/III/2017 tanggal 13 Maret 2017 tentang Pengumuman Pendaftaran Calon TKI Kandidat Nurse (Kangoshi) dan Calon TKI Kandidat Careworker (Kaigofukushishi) ke Jepang Program G to G untuk Penempatan Tahun 2018, bersama ini disampaikan beberapa hal sebagai berikut :

A. PENDAFTARAN

MEKANISME PENDAFTARAN
Registrasi pendaftaran dilakukan secara online melalui website http://g2g.bnp2tki.go.id dengan mengisi data diri yang diikuti dengan mengunggah (upload) dokumen yang telah dipersyaratkan. Setelah melakukan registrasi tersebut, CTKI akan mendapatkan lembar (form) registrasi pendaftaran dan kemudian di cetak yanga akan digunakan pada saat penyampaian dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran di BP3TKI/LP3TKI di wilayah masing-masing.

WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran untuk Calon TKI Kandidat Nurse (Kangoshi) dan Calon TKI Kandidat Careworker (Kaigofukushishi) Program G to G ke Jepang untuk tahun Penempatan 2018 adalah 16 Maret s.d 30 Mei 2017.

B. VERIFIKASI DAN SELEKSI ADMINISTRASI DOKUMEN PENDAFTRAN

Calon TKI yang telah melakukan registrasi online melakukan menyampaikan dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran di BP3TKI/LP3TKI di wilayah masing-masing dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. CTKI membawa lembar (form) registrasi pendaftaran yang sudah dicetak pada saat registrasi online;
  2. Berkas lamaran calon TKI kandidat Nurse (Kangoshi) dimasukkan dalam stofmap warna biru, dihalaman muka ditulis nama, alamat, nomor telepon yang mudah dihubungi dan email;
  3. Berkas lamaran calon TKI kandidat Careworker (Kaigofukushishi) dimasukkan ke dalam stofmap warna kuning, dihalaman muka ditulis nama, alamat, dan nomor telepon yang mudah dihubungi dan email;
  4. Berkas lamaran disampaikan langsung oleh CTKI ke BP3TKI/LP3TKI di daerah masing-masing yang kemudian akan dilakukan verifikasi dan seleksi administrasi terhadap dokumen-dokumen pendaftaran oleh BP3TKI/LP3TKI yang kemudian akan diambil foto dan sidik jari;
  5. Waktu penyampaian dan seleksi administrasi dokumen pendaftaran Program G to G ke Jepang untuk tahun Penempatan 2018 adalah 16 Maret s.d 30 Mei 2017.

C. TEMPAT VERIFIKASI DOKUMEN, PENGAMBILAN FOTO DAN SIDIK JARI UNTUK KANDIDAT NURSE (KANGOSHI) DAN KANDIDAT CAREWORKER (KAIGOFUKUSHISHI) TAHUN 2018

Tempat verifikasi dokumen, pengambilan foto dan sidik jari untuk Kandidat Nurse (Kangoshi) dan Kandidat Careworker (Kaigofukushishi) tahun 2018 dilakukan di BP3TKI/LP3TKI di daerah masing-masing yang terdapat pada pengumuman sebelumnya atau bisa dengan melihat pada website BNP2TKI dengan alamat website http://www.bnp2tki.go.id/read/8992/BP3TKI-LP3TKI-dan-P4TKI-Nama-dan-Alamat-Seluruh-Indonesia.html.

D. INFORMASI DAN PERTANYAAN

Informasi dan pertanyaan seputar pendaftaran dan penempatan Program G to G ke Jepang dapat melalui email : gtogjepang@bnp2tki.go.id

E. KETENTUAN PROGRAM

Program ini hanya berlaku bagi para CTKI yang belum pernah bekerja di Jepang sebagai Kandidat Nurse atau Kandidat Careworker dalam program G to G (EPA).

Demikian pengumuman ini disampaikan, bilamana terjadi kesalahan atau kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Jakarta, 13 Maret 2017

Direktur
Pelayanan Penempatan Pemerintah

ttd

R.Hariyadi Agah W, S.IP
NIP. 19790803 200901 2 002

Tembusan :

  1. Kepala BNP2TKI (sebagai laporan);
  2. Deputi Bidang Penempatan;
  3. Kepala Pusat Rengun SDMK, Badan PPSDMK Kemenkes;

Kepala BP3TKI/LP3TKI Seluruh Indonesia.

Lampiran :
1. Verifikasi Dokumen Pendaftaran G to G Jepang 2018.pdf

Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *