Gaji Perawat dan Bidan Rp 120 Ribu per Bulan di Tempat Ini

Gaji Perawat dan Bidan Rp 120 Ribu per Bulan di Tempat Ini

Senyumperawat.com – Gaji perawat dan bidan Rp 120 ribu per bulan, ini adalah fenomena meresahkan di Indonesia. Beban kerja yang berat dan jam kerja yang terbagi menjadi tiga waktu cukup menguras energi. Kendati begitu, nasib perawat dan bidan masih belum memenuhi standar hidup sebagai seorang profesional. Terlebih pekerjaannya berkaitan dengan nyawa manusia.

Salah satu potret menyedihkan tersebut adalah para bidan di Kepulauan Sembilan Sinjai. Bidan tersebut bernama Risnawati (24). Ia adalah bidan desa yang bertugas di Kepulauan Sembilan Sinjai.

Dalam bertugas, pada bidan ini harus menggunakan salah satu jenis perahu yang di sana disebut dengan Jolloro. Gaji perawat dan bidan sekecil itu harus digunakan untuk perjalanan pula. Mereka harus rela naik Jolloro demi melayani pasien di kepulauan Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Para perawat dan bidan sukarela ini harus menembus gelombang dan cuaca ekstrim demi pelayanan.

Risnawati bersama sesama perawat dan bidan desa lainnya kerap kali basah kuyup jika terjatuh dari Jolloro saat mendatangi kampung warga untuk memberi pelayanan. Perlu perhatian dan sikap bijak pemerintah untuk memberikan gaji perawat dan bidan yang layak.

Di Sinjai sebanyak 1.200 perawat dan bidan yang butuh perhatian pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan kesejahteraannya. Sebab diperoleh informasi dari Sekretaris Persatuan Perawat Nasional Indonesia di Sinjai, Zulfikar hanya dua Puskesmas yang memberikan uang jasa kepada perawat dan bidan sukarelanya.

Di sini, gaji perawat dan bidan adalah Rp 120 ribu per bulan. Sementara tugas pokok mereka berat termasuk harus berjuang melewati kondisi alam seperti cuaca ekstrim di kepulauan dan di pegunungan. Selain itu mereka juga tak tidak diasuransikan sebagai tenaga medis seperti medis yang tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Destur/Tribunnews)

Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *