Lowongan Perawat ke Timur Tengah Terbuka Bagi Lulusan STIKES dan Poltekkes Se-Jawa Timur

Lowongan Perawat ke Timur Tengah Terbuka

Senyumperawat.com – Lowongan perawat ke Timur Tengah semakin terbuka. Berita baik ini dikabarkan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Melalui Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri (Dit PHK-TKLN) II, Kedeputian Kerjasama Luar Negeri dan Promosi menginformasikan kabar tersebut. Ada tawaran kerja untuk ribuan tenaga kesehatan nurse (perawat untuk bekerja di rumah sakit). Ada juga lowongan untuk careworker atau caregiver (perawat untuk Lansia) di beberapa negara kawasan Timur Tengah.

Informasi lowongan perawat ke Timur Tengah ini dipaparkan Kepala Subdit Analisis dan Keterpaduan Tenaga Kerja Luar Negeri Dit PHK-TKLN II, Sudiharto. Sudiharto memaparkan kabar itu di depan perwakilan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dan Politeknik Kesehatan (Poltekes) Provinsi Jawa Timur. Bertempat di Kantor LP3TKI Jalan Raya Jemursari 99 Wonocolo, Kota Surabaya, Senin siang (22/08/2016). Ada beberapa negara di kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, Kuwait, Abu Dhabi – Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Bahrain.

Muat Lebih

“Mengenai peluang kerja tenaga kesehatan di beberapa negara kawasan Timur Tengah itu jumlah totalnya yang dibutuhkan mencapai ribuan,” kata Sudiharto.

Berikut dengan tawaran gaji yang tergolong tinggi bila dibandingkan dengan gaji tenaga kesehatan di tanah air. Sserta ditambah pula dengan fasilitas lain yang memadai seperti tempat tinggal selama bekerja, asuransi, transportasi, akomodasi, dan lain-lain yang terkait.

Baca lainnya: Inilah Minimal Syarat Mendaftar Perawat ke Jepang 2018

Di samping itu, peluang kerja tenaga kesehatan juga ditawarkan pengguna (users) dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik seperti Taiwan, Brunei Darussalam, dan Jepang.

Mengenai persyaratan menjadi perawat di Timur Tengah, masih serupa dengan yang ke Jepang.

Syarat menjadi perawat ke Timur Tengah:

  1. Minimal lulusan Diploma 3 dan/atau Sarjana (S-1) di bidang perawat,
  2. Sehat jasmani-rohani,
  3. Memiliki pengalaman kerja sebagai perawat minimal 2 dan/atau 3 tahun,
  4. Usia tidak lebih dari 35 tahun atau 45 tahun (tergantung negara yang membutuhkan),
  5. Mampu berbahasa Inggris.

“Mengenai persyaratan kerja untuk tenaga kerja kesehatan inilah yang perlu diketahui bersama oleh calon TKI kita. Kemudian dihadirkannya para perwakilan dari STIKES dan Poltekes di Provinsi Jawa Timur didalam paparan dan diskusi jobsinfo ‘Peluang Kerja Tenaga Kesehatan di Timur Tengah dan Asia Pasifik’ ini dimaksudkan untuk mengetahui berbagai hal terkait persyaratan kerja untuk tenaga kerja kesehatan itu. Sehingga nantinya dapat di-maching-kan dengan lulusan atau alumni STIKES dan/atau Poltekes yang berminat bekerja di luar negeri,” papar Sudiharto. (Sumber: BNP2TKI)

Pos terkait