Sistem Pertahanan Tubuh Manusia Layaknya Tentara yang Kokoh

0
Sistem Pertahanan Tubuh Manusia Layaknya Tentara yang Kokoh
Sistem Pertahanan Tubuh Manusia Layaknya Tentara yang Kokoh

Senyumperawat.com – Sistem pertahanan tubuh manusia bersinergi satu sama lain dengan sistem organ dalam tubuh. Seluruh sistem saling mendukung dan saling mempengaruhi. yang lengkap di dalam tubuh seperti sistem syaraf, sistem jantung dan pembuluh darah, sistem pernafasan, sistem pencenaan, sistem pergerakan anggota tubuh, sistem saluran kencing dan sistem reproduksi. Semua sistem tersebut dihubungkan dengan dunia luar melalui berbagai lubang. Lubang saluran ini bisa menjadi pintu masuk dan keluar setiap ancaman bagi tubuh, seperti bakteri, virus, jamur, polutan dan lain-lain.

Sistem pertahanan tubuh manusia berada paling luar. Agen-agen sistem pertahanan tubuh ini akan selalu menanggapi ancaman yang akan masuk baik kuman atau bakteri. Disetiap pintu masuk itu pula telah berjaga-jaga para tentara pertahanan yang sudah siap siaga, untuk mengatasi ancaman tersebut agar tidak berhasil menginvasi dan merusak sistem yang lebih dalam.

Siapa bala tentara sistem pertahanan tubuh kita?

Air mata merupakan tentara penjaga pintu masuk mata dari serangan kuman yang dikeluarkan saat berkedip. Aliran air mata ini berfungsi untuk menyapu kotoran mata, kuman yang menempel serta sebagai pelumas agar terhindar dari kekeringan. Bila benda asing yang mengenai mata cukup banyak maka produksi air matapun juga ikut banyak.

Kelenjar minyak serumen atau jika sudah mengering sering disebut sebagai “cureg” atau kotoran telinga merupakan tentara yang bertugas di lubang saluran telingga, berfungsi untuk melindungi telingan dan organ lain yang terkandung didalamnya dari benda-benda asing.

Baca juga: Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Bukti Kesempurnaan Ciptaan Allah

Rambut-rambut getar, reseptor bersin dan batuk yang berada di lubang hidung di pintu saluran nafas, yang bertugas sebagai tentara penghalau ancaman yang hendak masuk dari saluran pernafasan.

Sedangkan air ludah merupakan prajurit di lubang mulut. Pada lubang saluran kencing, saluran kelamin (vagina), serta lubang anus dilengkapi dengan flora normal (bakteri yang menguntungkan) sebagai prajurit di tempat itu. Tak hanya itu, di permukaan tubuh yang paling luas berupa kulit, juga dilengkapi dengan kelenjar-kelenjar minyak untuk membunuh bakteri-bakteri yang jahat.

Pintu-pintu pertama masuknya suatu kuman telah dijaga oleh para tentara. Demikianlah Allah merancang keselamatan tubuh manusia, dilengkapi dengan kunci-kunci pengamannya agar bisa bertahan ketika benda asing masuk. Benar kata dr Novkas, “tubuh manusia tidak pernah didesain untuk menjadi sakit”. Selama hal ini selalu seimbang, maka manusia mempunyai tubuh sehat.

Referensi:

Andari, Dr. Dyah & Cahyono, Dr. Anton Budi. Mudah & Hemat Hidup Sehat (Halaman 18-20). Pustaka Arafah: Solo

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.