Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Bukti Kesempurnaan Ciptaan Allah

Anfis Islam Way Petuah

Senyumperawat.com – Sistem kekebalan tubuh manusia adalah bukti ciptaan Allah yang sangat sempurna. Fungsi sistem kekebalan tubuh amatlah besar bagi keberlangsungan hidup. Allah Sang Pencipta, Maha Mengetahui terhadap ciptaan-Nya. Setiap makhluk hidup selalu dibekali alat dan kemampuan untuk mempertahankan diri. Oleh karenanya mereka dapat bertahan, mampu melangsungkan kehidupannya untuk beregenerasi. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan menghadapi berbagai macam ancaman yang datang dari dalam maupun luar.

Sebagai contoh kenapa seekor bunglon diberikan kemampuan untuk mengganti warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya. Contoh lain gurita dianugerahi kemampuan menyemprotkan tinta hitam yang akan mengeruhkan air laut sehingga dia bisa lari menyelamatkan diri, ketika dirinya terancam. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Demikian halnya tentang penciptaan manusia. Sesungguhnya Allah lebih mengerti manusia dari pada manusia itu sendiri. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna. Sebagaimana dijelaskan oleh Allah,

لَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia, dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” – (QS.95:4)

Tentunya bukan hanya rupa yang nampak baik dari luar saja, namun juga dengan sistem di dalamnya

Menurut penuturan dari dr.Joseph Novaks, anggota American Model Association, tubuh manusia tidak pernah didesain untuk menjadi sakit. Allah membekali manusia dengan sistem sekuriti yang cukup tangguh untuk menangkal segala bentuk ancaman bagi tubuh yang datang dari dalam tubuh sendiri seperti sel-sel yang telah tua dan berpotensi menjadi keganasan atau kanker dan ancaman dari luar yaitu lingkungan berupa mikroorganisme dan bahan-bahan lainnya.

Sekuriti tersebut adalah sistem imunisasi tubuh, merupakan semua mekanisme yang digunakan untuk mempertahankan keutuhan tubuh sebagai perlindungan terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh berbagai bahan dari lingkungan hidup. Sistem keamanan tubuh yang berupa “respon imun” diperlukan untuk tiga hal yaitu :

  1. Pertahanan ditujukan untuk infeksi mikroorganisme,
  2. Homeostatis (keseimbangan tubuh), mengeliminasi komponen tubuh yang sudah tua,
  3. Pengawasan, menghancurkan sel-sel yang bermutasi, terutama yang menjadi ganas.

Nampak jelas bukan kegunaan dari sistem imunitas tubuh. Ada yang bertugas menangkal serangan dari luar, menjaga stabilitas keamanan di dalam dan ada yang berfungsi sebagai pengawas ketika nanti ada bagian tubuh yang hendak menggrogoti dirinya sendiri.

Referensi:

Andari, Dr. Dyah & Cahyono, Dr. Anton Budi. Mudah & Hemat Hidup Sehat (Halaman 18-20). Pustaka Arafah: Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.