Selalu Berikan ASI Si Kecil Agar Produksi ASI Tidak Menurun

0

Senyumperawat.com – Agar produksi ASI tidak menurun, sang ibu harus benar-benar memperhatikan banyak aspek. Baik aspek psikologis mau pun aspek fisik. Produksi ASI menurun disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena faktor stres, konsumsi makanan yang kurang bernutrisi dan bisa juga karena kurangnya stimulasi. Jika bayi sudah jarang minum ASI langsung dari payudara maka stimulasi terhadap produksi ASI juga menurun.

Adanya makanan pendamping ASI pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang mulai meningkat. Jika hanya diberikan ASI, dikhawatirkan nutrisi yang diperlukan akan kurang karena ASI hanya disebut eksklusif tanpa perlu tambahan hingga usia 6 bulan. Setelah 6 bulan, si kecil sudah butuh nutrisi tambahan untuk tumbuh kembang. Selain itu, MPASI juga berfungsi merangsang organ pencernaan si kecil agar mulai terbiasa dengan makanan dengan konsistensi lebih padat.

ASI menurut ajaran Islam dan telah dicontohkan oleh Rosulullah, hendaknya diberikan hingga 2 tahun. Bahkan jika sang ibu sudah tidak dapat memproduksi ASI, maka hendaknya dicarikan ibu susu. Ibu susu tugasnya hanya memberikan ASI sebagai pengganti ibu. Ada pun jika memerlukan biaya untuk menyusui anaknya, maka itu diperbolehkan. Hitung-hitung daripada beli susu formula, mending untuk bayar ibu susu buat bayi kita bukan.

Agar produski ASI Tidak Menurun

Agar produksi ASI tidak menurun, ASI harus tetap diberikan secara rutin tanpa perlu mengurangi intensitasnya meskipun si bayi sudah mengonsumsi MPASI. Hal ini mestinya dipahami oleh para bunda. Anak tetap butuh ASI yang memadai hingga usianya 2 tahun. Jangan berpikir bahwa MPASI sudah dapat menggantikan peran ASI sehingga kemudian bunda mengurangi jatah ASI untuk bayi.

Produksi ASI akan tetap terjaga jika ibu tetap memberikan poris ASI yang cukup kepada si kecil. Tanpa perlu lagi berpikir bahwa anak sudah makan jadi ASI-nya nanti saja. Atau juga berpikir bahwa dengan memberikan MPASI disebut sebagai upaya penyapihan. Tetap berikan ASI sebagaimana biasanya dan memberikan ASI pun salah satu cara mencegah terjadinya kanker payudara. (Destur/eSPer)

Tinggalkan Komentar