Dampak Infeksi Nosokomial yang Sering Dilalaikan Perawat

Senyumperawat.com – Dampak Infeksi Nosokomial yang Sering Dilalaikan Perawat. Pengertian Infeksi Nosokomial biasa diartikan sebagai infeksi yang diperoleh tatkala berada di rumah sakit. Infeksi Nosokomial disebabkan oleh keteledoran seseorang sehingga terkena infeksi tersebut. Penyebab infeksi nosokomial bisa karena sentuhan dengan pasien, menyentuh instrumen yang belum steril atau juga dari pakaian yang terkontaminasi. Dampak Infeksi Nosokomial sering diperingatkan kepada para tenaga medis termasuk peraat.

Keberadaan bakteri, yang kerap resisten terhadap antibiotik, dan kuman berbahaya lainnya bisa memperburuk kondisi pasien atau menularkan penyakit pada mereka yang bekerja di rumah sakit. Dampak Infeksi Nosokomial ini cukup beragam. Namun pastinya tergantung dari bakteri atau virus apa yang menginfeksinya.

Setidaknya ada empat jenis infeksi nosokomial yang sering dijumpai. Ada infeksi nosokomial seperti infeksi saluran kemih (ISK), infeksi aliran darah, Pneumonia dan infeksi luka operasi. Oleh karenanya dari tiap jenis infeksi tersebut mestinya bisa diantisipasi dengan kehati-hatian.

Dalam sebuah standar operasional rumah sakit, semua tenaga medis diinstruksikan untuk menjaga kebersihan. Kebersihan yang dimaksud adalah tatkala sebelum dan sesudah berinteraksi dengan pasien. Perawat dibekali dengan sarung tangan, masker dan handsanitizer. Namun lagi-lagi namanya manusia, masih saja yang enggan menerapkan hal ini karena dianggap ribet. Tapi sebagai perawat yang baik, jangan lupa ya untuk selalu menjaga kebersihan diri.

Demikian sekilas tentang Dampak Infeksi Nosokomial yang Sering Dilalaikan Perawat. Diharapkan kedepannya pihak manajemen rumah sakit pun dapat membuat kontrol yang ketat. Hal ini untuk mewujudkan pelayanan prima dalam rumah sakit. Termasuk juga para tenaga medis untuk lebih berhati-hati terhadap segala kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi selama berada di rumah sakit. Mengingat banyaknya pasien yang dihadapi dengan beragam penyakit yang ada.

Destur Purnama Jati, S.Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *