Berbagai Hasil Penelitian Manfaat Minum Kopi

Senyumperawat.com – Kopi ditengarai memberikan dampak negatif bagi tubuh memang benar, tapi hanya pada satu sisi. Jika ditinjau dari sudut pandang yang lain, ternyata ada manfaat minum kopi yang perlu untuk dikaji ulang. Manfaat minum kopi jika ditanyakan kepada para sopir bus atau truk pasti jawabnya agar matanya tahan lama. Jika ditanyakan manfaat minum kopi kepada herbalis, pasti identik dengan detoksifikasi. Mengingat ada beberapa produk kopi yang disebut-sebut bisa digunakan untuk detoksifikasi.

Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh tim dokter dari Universitas Groningen, ternyata minum kopi dapat menyehatkan usus. Hasil temuan ini menyatakan bahwa minum teh dan kopi dapat membantu menjaga keseimbangan usus.

Muat Lebih

Ada pula riset yang dilakukan oleh tim peneliti dari Clalit National Israeli Cancer Control Center yang bertempat di Israel. Mereka menyatakan bahwa minum kopi 1-2 cangkir dapat menurunkan resiko kanker usus besar hingga 26%. Pendapat ini kemudian sedikit ditambahkan oleh tim peneliti dari American Canter Society yang diwakili oleh Susan Gapstur. Menurutnya minum kopi tidak serta-merta menurunkan risiko kanker usus besar pada diri seseorang. Jadi minum kopi boleh saja, asal jangan kebanyakan.

Sebuah penelitian lain dilakukan oleh tim peneliti dari Rumah Sakit Universitas Tongji, Shanghai. Menurut penelitian tersebut, minum 2 cangkir kopi per hari dapat menurunkan resiko kanker prostat hingga 2,5%. Dalam penelitian ini diduga ada hubungan erat dari adanya kandungan senyawa-senyawa antiradang dalam kopi yakni cafestol dan kahweol. Keduanya disebutkan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Tapi dilain sisi, minum kopi tidak dianjurkan terlalu rutin bagi ibu hamil karena dikhawatirkan terjadi keguguran.

Penelitian yang dilakukan Seoul National University Hospital mengungkap bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi risiko osteoporosis secara signifikan, utamanya pada perempuan. Namun peneliti mengingatkan bila dikonsumsi secara berlebihan, kopi malah dapat menghilangkan zat-zat penting dalam tubuh seperti kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. (Destur/Detik)

Pos terkait