PPNI Jateng Upayakan Standar Gaji Perawat yang Layak

Senyumperawat.com – Rumah Sakit Swasta di Jawa Tengah masih banyak yang kurang menghargai profesi perawat. Sekretaris Jenderal DPW PPNI Jawa Tengah, Yuli mengatakan bahwa rumah sakit swasta di Jawa Tengah masih banyak yang memberikan gaji perawat jauh dari UMK setempat. “Kondisi tersebut menjadi perhatian dari kami. Sebab, perawat juga memiliki tugas yang berat,” ujarnya, kemarin.

Gaji perawat hanya cukup untuk biaya transportasi. PPNI Jawa Tengah melakukan upaya dengan menjalin komunikasi dengan Disnakertrans Jawa Tengah. Pembahasan yang akan dikaji seputar standar gaji perawat yang layak. Ketua DPD PPNI Kabupaten Kendal Sudawam mengakui masih banyak perawat yang gajinya di bawah standar.

Di kabupaten ini terdapat 980 perawat yang tercatat sebagai anggota PPNI, 400 di antaranya sebagai pegawai negeri. Perawat yang bukan PNS inilah yang harus mendapatkan perhatian dari pemerintah, baik perawat yang bekerja di rumah sakit swasta maupun perawat yang bekerja di rumah sakit pemerintah sebagai wiyata bhakti. “Kesejahteraan perawat memang perlu diperhatikan. Hal itu seiring demi kemajuan di sektor kesehatan,” kata dia dikutip dari Koran Sindo.

Selain permasalahan gaji perawat juga disampaikan tentang usulan program “Satu Desa, Satu Perawat”. Diharapkan, pemkab segera merealisasikan program ini, karena untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Bukan hanya bidan desa yang melayani persalinan, namun untuk pelayanan kesehatan lain, maka tugas perawatan juga dibutuhkan. Kalau sekarang sudah ada bidan desa, yang seharusnya ada perawat desa,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Widodo Moh Sutomo meminta perawat bisa meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa asing. Sebab, pekerjaan perawat di dalam negeri saat ini masih kurang menjanjikan, yang kebanyakan gajinya masih di bawah standar. “Kalau bisa bekerja di luar negeri kan lumayan, gajinya besar, dibanding di dalam negeri yang hanya pas-pasan, bahkan banyak yang di bawah UMK,” tandasnya. (Destur/KS)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker