Kepedulian Terhadap Muslim Suriah Digalakkan Oleh Mahasiswa Universitas Islam Madinah

Senyumperawat.com – Mahasiswa Indonesia yang belajar di Madinah mengadakan penggalangan dana untuk membantu kaum Muslimin Suriah. Penggalangan dana tersebut diadakan sebagai bentuk solidaritas terhadap muslimin Suriah atas kejahatan kaum Syiah yang dipimpin oleh presiden Basyar Assad. Kejahatan kemanusiaan tersebut sudah tidak bisa lagi ditolerir.  Anak-anak punmenjadi korban roket-rokte milik pemerintah yang bekerja sama dengan Rusia.

Para mahasiswa Indonesia tersebut mengadakan penggalangan dana sejak 4 Mei lalu. Aksi ini diprakarsai oleh mahasiswa angkatan 2015. Mereka tinggal di asrama mahasiswa Universitas Islam Madinah (UIM).

“Saya pribadi terpanggil untuk mengadakan penggalangan donasi sebab mereka (korban kekejaman Assad) tidak cuma butuh doa, tapi juga dana,” ujar Abdul Khair Rahmat selaku ketua angkatan tersebut.

Abdul Khair menulis pesan, “Kita jangan cuman update status doang (tentang korban di Suriah), mereka juga butuh dana. Ayo dah kita galang dana!”

“Alhamdulillah, teman-teman antusias”, jawab Syuhada saat ditanya hidayatullah.com perihal sambutan para mahasiswa atas penggalangan dana itu.

Dalam waktu 5 hari, terkumpul dana peduli Suriah setidaknya sebesar 4.624 real atau senilai sekitar 16 juta rupiah.

“Ana (saya) ucapkan jazakumullahu khairan kepada ikhwah (saudara) yang sudah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita di Suriah. Semoga Allah berikan balasan yang terbaik di dunia maupun di akhirat,” ujar Abdul Khair mengapresiasi anggotanya.

Untuk penyalurannya, dana tersebut diserahkan ke lembaga Misi Medis Suriah (MMS) secara simbolis oleh Abdul Khair, diterima perwakilan MMS Ustadz Musa at-Tamimi, Ahad, 8 Rajab 1437 (15/05/2016).

Musa, yang pernah terjun langsung dalam aksi kepedulian di Suriah, mengapresiasi kegiatan itu. “Saya ikut bangga dengan pedulinya para pemuda seperti antum,” ujar mahasiswa jenjang magister ini.

“Masya Allah, teman-teman pada semangat semua berinfak, ada yang ngasih 100 Real Saudi plus tabungannya, ada juga masih belum sempat ber-tabarru’ (memberi sumbangan) karena ada halaqoh al-Qur’an di Haram,” tambah Syuhada.

Untuk diketahui, penggalangan dana ini melibatkan para mahasiswa UIM asal Indonesia angkatan tahun 2015 semua jurusan. Baik yang berasrama di dalam maupun di luar kompleks UIM.

Secara keseluruhan, mereka berjumlah kurang lebih 160 orang yang berasal dari berbagai wilayah Nusantara, mulai dari Aceh, Kalimantan, NTB, hingga NTT.

“Semoga angkatan (2015) ini memotivasi yang lain untuk berlomba dalam kebaikan,” ujar Abu Faqih, mahasiswa UIM asal Balikpapan, Kalimantan Timur.

Source: Hidayatullah.com

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker