8 Trik Contoh Mengatasi Bayi Susah Tidur

0

Senyumperawat.com – Bayi terkadang mengalami susah tidur. Bayi susah tidur disebabkan oleh banyak hal. Salah satu yang paling tidak disukai oleh para orang tua adalah kondisi dimana si bayi terbangun di malam hari dan tak kunjung mau tidur lagi. Tidurnya bayi sangat baik bagi pertumbuhannya. 75% hormon pertumbuhan akan aktif saat si bayi tidur.

Penyebab bayi susah tidur

Banyak sekali penyebab bayi susah tidur. Beberapa di antara penyebab bayi sulit tidur adalah

  1. Popok yang kurang nyaman karena basah atau lembab
  2. Merasa gerah
  3. Lapar
  4. Suara yang bising
  5. Kondisi udara yang panas atau dingin
  6. Bayi kurang enak badan

Trik mengatasi bayi susah tidur

Beberapa trik untuk para bunda jika bayinya sulit tidur di malam hari berikut ini semoga dapat membantu. Sesuaikan dengan kondisi bayi saat itu dan juga karakter dasarnya.

  1. Pastikan kondisi saat akan tidur, tubuh si bayi benar-benar bersih. Popok yang digunakan juga sudah diperiksa dalam kondisi kering.
  2. Sebelum tidur, berikan ASI secara optimal sehingga ia tidak kelaparan lagi saat malam.
  3. Jika kondisi ruangan ternyata panas, sesuaikan dengan tingkat kenyamanan yang baik. Jika ada perangkat AC, maka hendaknya dikondisikan pada suhu kamar yang sejuk. Jika pun tidak ada, gunakan kipas angin namun tidak diarahkan ke tubuh bayi. Siapkan handuk basah untuk membasuh tubuh bayi jika ia merasa berkeringat.
  4. Pada saat popok yang dipakainya basah karena pipis atau kotoran, bayi juga dapat terbangun dari tidurnya, oleh karena itu segera ganti popok bayi dengan yang baru agar bayi dapat merasa nyaman dan tidur dengan pulas. Pakaikan bayi pakaian dengan ukuran yang sesuai dengan badan bayi tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar, dan diutamakan pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut dan dapat menyerap keringat.
  5. Perhatikan kondisi pencahayaan kamar bayi. Lampu yang digunakan hendaknya tidak terlalu dekat sehingga tidak terlalu panas, kecuali jika kondisi saat itu di musim dingin. Suhu lampu dalam sedikit membantu memberikan kehangatan.
  6. Pada saat mendekati Jam tidur sebaiknya jangan ajak bayi bermain, karena hal ini dapat memberi efek stimulasi yang menyenangkan pada hati si bayi sehingga akan membuat bayi susah tidur karena ingin main terus.
  7. Minimalkan suara bising di dekat bayi, karena suara bising kadang bisa membangunkan bayi yang sudah tidur dan bayi akan sulit untuk tidur kembali.
  8. Berikan stimulus yang baik saat bayi akan tidur. Misalkan dengan membisikinya kalimat-kalimat baik. Membacakan ayat Al Quran padanya atau juga membacakan kisah-kisah perjuangan para sahabat dan orang sholeh.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi bayi susah tidur. Masing-masing bayi akan membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, orang akan lebih paham bagaimana cara yang lebih tepat bagi bayinya.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.