Suka Main Hp di Toilet, Inilah Efeknya!

Senyumperawat.com – Mungkin ada di antara kita yang suka main Hp di toilet. Terlebih saat sedang buang air besar (BAB). Sembari menanti sisa pembuangan selesai, bermain games kadang menjadi solusi. Bukan hanya itu, ada juga yang sembari update berita, chatting, membuka media jejaring sosial dan lain sebagainya. Berbagai kreativitas pun dilakukan untuk mengisi waktu tersebut daripada melamun. Itu pun masih untung tidak disertai selfie saat sedang BAB di toilet.

Menurut ahli mikrobiologi di University of Arizona, Charles Gerba, PhD dan Kelly Reynolds, PhD, toilet sama sekali bukan tempat yang bersih, terlebih toilet umum. Tempat ini bisa dikatakan memiliki berbagai macam jenis kuman, bakteri dan patogen berbahaya lainnya.

Boleh jadi, saat berada di toilet main Hp, ada kuman yang menempel di Hp. Meskipun sudah cuci tangan, namun tidak mungkin kalau Hp nya juga ikut dicuci sehingga kuman dan bakteri tersebut masih menempel di Hp. Bahayanya kalau yang menempel salah satunya bakteri E. Coli. Banyak efek samping yang ditimbulkan dari bakteri ini jika masuk tubuh.

Tidak kalah bahaya pula, kalau toiletnya model jongkok. Terlalu lama jongkok maka dapat memicu munculnya Haemorrhoid (wasir/ambeien). Ada pun toilet yang model duduk, terlalu lama duduk di toilet maka bakteri akan semakin banyak yang menempel pada tubuh.

Oleh karena itu, ada baiknya tidak bermain Hp di toilet. Selain membuat lama berada di sana, secara adab dalam toilet pun tidak diperbolehkan berlama-lama. Hal ini karena toilet adalah salah satu rumahnya setan sehingga semakin lama di sana maka semakin lama pula godaan setan kian dahsyat.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker