Perawat Indonesia Akan Dimaksimalkan Untuk Go Internasional

Senyumperawat.com – Perawat Indonesia akan disiapkan untuk bersaing lebih sengit di Internasonal. Pasalnya, perawat adalah salah satu profesi yang paling terbuka peluangnya sebagai profesi formal untuk Go International. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Pusat Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia, Kementerian Kesehatan, Yuti Suhartati.

“Pak Wapres memberi instruksi kepada Menteri Kesehatan untuk menyiapkan tenaga profesional ke luar negeri. Nah ini yang diutamakan perawat,” kata Yuti ketika ditemui pada Indonesian International Nursing Conference & Exhibition (IINCE), JCC, Senayan, Selasa (22/3/2016) dikutip dari Sindonews.com.

“Kami dari Kementerian Kesehatan sudah cukup lama mengembangkan lembaga sertifikasi profesi perawat untuk luar negeri. Biar bisa diakui secara internasional jadi ujiannya uji kompetensi yang berdasarkan kebutuhan negara luar,” lanjutnya.

Mengapa perawat diutamakan dibanding dengan profesi lain menurut Yuti alasannya karena kebutuhan internasional yang tinggi. Hal ini terungkap saat negara-negara di World Health Assembly (WHA) kerap mengeluhkan ketersediaan tenaga perawat mereka yang kurang.

Di lain sisi Indonesia adalah salah satu negara pencetak tenaga kesehatan yang besar di Asia. Yuti mengungkapkan setidaknya tiap tahun bisa ada 30 sampai 35 ribu lulusan perawat baru.

“Nah menyikapi hal itu dan karena Indonesia punya banyak aset tenaga perawat maka ini potensi. Selain itu kan ini bisa jadi kesempatan untuk alih teknologi belajar iptek di luar untuk nanti kita terapkan di Indonesia,” kata Yuti.

Source: Sindonews
Editor: Destur

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker