Mengobati Mimisan, Jangan Mendongakkan Kepala Atau Berbaring

Senyumperawat.com – Mengobati mimisan ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Terlebih mimisan pada anak, harus ditangani dengan teliti. Mimisan atau sering disebut dalam dunia media sebagai Epistaksis memang muncul tiba-tiba. Bahkan terkadang ada pula kasus mendadak mimisan tatkala sedang sholat. Perlu juga dipahami, jika keluar darah mimisan melalui hidung maka terkait dengan puasa tidak perlu dibatalkan.

Pada umumnya di masyarakat, ketika melihat orang mimisan maka hal pertama yang disuruh adalah mendongakkan kepala agar darah tidak menetes. Ternyata dengan begitu justru darah masuk ke rongga mulut dan tertelan. Memang benar berhenti menetes, namun pada dasarnya tidak berhenti mengalir.

Baiknya ketika mendapati diri Anda atau teman mengalami mimisan, tindakan pertama adalah dengan menyuruhkan duduk tegak. Kepala menghadap ke bawah atau menunduk. Pegang dan tekan bagian atas hidung agar darah keluar agar tidak masuk ke lambung.

Untuk darah yang mengalir, ada yang berpikiran bahwa dengan memasukkan daun sirih bisa menghentikan perdarahan. Cara ini memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan karena sugesti adalah modal awal untuk sembuh. Namun faktanya, memasukkan ujung daun yang digulung seperti itu justru dikhawatirkan akan melukai rongga hidung. Memang benar dibuat corong, tujuannya agar hidung terbuka dan tidak tersumbat darah. Memasukkan kapas bisa membuat luka tersebut makin parah mengeluarkan darah. Anda disarankan untuk menekan dan menutup keseluruhan hidung dengan kain bersih, namun tidak memasukkan apapun ke rongga hidung saat mimisan.

Jangan bersin, tindakan ini justru memperparah mimisan. Bersin baru boleh dilakukan beberapa jam setelah mimisan berhenti dan darah mulai mengering.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker