Trik Imam Syafii Membagi Waktu Malam, Boleh Dicoba

Senyumperawat.com – Para ‘alim ‘ulama memiliki trik tersendiri dalam membagi waktu. Membagi waktu sepenuhnya untuk beribadah kepada Allah adalah solusi terbaik. Makan pun bisa jadi ibadah, tidur bisa jadi ibadah hingga bahkan meludah pun bisa jadi ibadah. Maksudnya adalah setiap amalan diniatkan untuk meraih ridho Allah. Seseorang makan untuk bisa beribadah secara maksimal, tidur siang agar bisa bangun malam lebih lama untuk sholat tahajud, atau bahkan meludah dalam sholat untuk berlindung dari gangguan setan dengan membaca ta’awudz “a’udzubillahi minasy syaithonir rojim”.

Imam Syafi’i pun sebagai ulama besar, memiliki waktu-waktu yang bagi beliau tidak akan pernah terlepas dari ibadah. Imam Syafi’i membagi waktu dalam keseharian beliau rohimahullah menjadi 3 bagian. Waktu-waktu tersebut beliau maksimalkan untuk berkarya mencari bekal untuk kehidupan di hari kiamat kelak.

Trik Imam Syafi’i membagi waktu malam:

  1. Sepertiga malam pertama untuk menulis
  2. Sepertiga malam kedua untuk sholat malam
  3. Sepertiga malam terakhir untuk tidur sebentar

Muhammad bin Bisyr Al-‘Akri dan selainnya berkata, telah bercerita pada kami Ar-Rabi’ bin Sulaiman, ia berkata, “Imam Syafi’i membagi waktu malamnya menjadi tiga: sepertiga malam pertama untuk menulis, sepertiga malam kedua untuk shalat (malam) dan sepertiga malam terakhir untuk tidur.” Imam Adz-Dzahabi menyebutkan, “Tiga aktivitas beliau ini diniatkan untuk ibadah.” [Imam Adz Dzahabi dalam Siyar A’lam An-Nubala’ (10: 35)]

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker