Tips Merawat Bayi Sulit BAB di Rumah

0

Senyumperawat.com – Bayi sulit BAB biasanya terjadi oleh banyak faktor. Namun faktor utama yang paling umum mengakibatkan hal ini adalah karena asupan nutrisi. Sama halnya orang dewasa, jika nutrisi yang dikonsumsi kurang serat maka akan berakibat konstipasi. Konstipasi pada bayi tentu bukan karena kurangnya serat lalu diberi sayuran. Bisa jadi karena konsumsi susu formula yang tidak cocok untuk bayi. Maka ASI adalah asupan nutrisi terbaik hingga 2 tahun. Sangat rugi jika seorang ibu tidak melakukan kewajiban seharusnya yaitu menyusui bayinya.

Bisa juga bayi sulit BAB karena kurangnya asupan cairan. Kondisi ini mengakibatkan susu formula yang dikonsumsi menumpuk di saluran cerna dan sulit dikeluarkan. Penyebab lain adalah bayi yang kurang beraktivitas sehingga peristaltik usus juga kurang terbantu untuk mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu para ibu untuk tidak bingung ketika mendapati bayinya susah BAB.

Ajak bayi agar lebih aktif
Gerakan usus atau peristaltik usus untuk mendorong makanan akan sangat terbantu dengan aktivitas fisik. Jika bayi sudah bisa merangkak maka ajak ia untuk lebih aktif merangkak. Namun tetap perhatikan jumlah cairan selama aktivitas tersebut. Jangan sampai cairan terlalu banyak habis melalui keringat sehingga sisa pembuangan yang masih di usus jadi kekurangan cairan, justru sulit untuk dikeluarkan. Bagi bayi yang masih belum bisa tengkurap atau merangkak, bisa dibantu dengan pemijatan.

Pemijatan perut bayi
Gunakan lotion atau minyak pijat khusus bayi. Pijatlah bagian bawah pusar bayi Anda, yaitu sekitar tiga jari dari pusar , dengan lembut. Jangan lakukan sembari bernyanyi, gantilah nyanyian tidak berguna saat momong bayi dengan lantunan Al Quran.

Untuk bayi dengan MPASI
Saat bayi sudah waktunya mendapat makanan padat, usahakan jangan langsung memberikan makanan yang “berat”, seperti nasi. Pilih makanan yang kaya dengan serat dan berikan porsi yang tidak langsung banyak.

Mandikan dengan air hangat
Memandikan bayi dengan air hangat bisa membuatnya lebih rileks sehingga saluran pencernaan lebih mudah mengeluarkan kotoran. Berikan juga pijatan pada perut agar feses lebih mudah keluar.

Berikan asupan air yang cukup
Agar proses pencernaan berjalan lancar, pastikan kebutuhan air si Kecil tercukupi. Berikan sebotol air untuknya demi membantu kinerja sistem pencernaan.

Tinggalkan Komentar