Ternyata di Yaman, Para Dokter Muslimah Boleh Bercadar

Senyumperawat.com – Yaman merupakan salah satu negeri yang kini mulai memanas dengan adanya pemberontak Syiah. Negeri yang mayoritas penduduknya adalah Muslim Ahlus Sunnah ini diusik oleh gangguan-gangguan dari pihak Syiah yang menuntut pendudukan kekuasaan. Konflik ini pun berdampak buruk bagi warganya. Beberapa diantaranya adalah fasilitas kesehatan.

Terlepas dari konflik yang sedang terjadi di sana, tenaga kesehatan di Yaman cukup mendapatkan kenyamanan. Kenyamanan dalam arti mendapatkan suaka atas keyakinannya terhadap ajaran yang dianut. Dalam hal ini adalah Islam. Misalkan saja dalam pengenaan pakaian syar’i bagi para muslimah.

Dokter muslimah di Yaman diperbolehkan bercadar. Beberapa dokumentasi dari kantor berita Internasional mempublikasikan beberapa foto yang menggambarkan hal tersebut. Cukup sulit mendapatkan legitimasi cadar bagi dokter muslimah. Namun tidak demikian dengan Yaman. Serupa dengan Somalia yang memperbolehkan dokter muslimah bercadar. Bukan hanya dokter, perawat muslimah pun boleh bercadar.

Dokter muslimah bercadar di rumah sakit Sana'a tengah mengobservasi pasien bayi kembar yang memerlukan perawatan khusus. (Foto: Yahya Arhab/EPA)
Dokter muslimah bercadar di rumah sakit Sana’a tengah mengobservasi pasien bayi kembar yang memerlukan perawatan khusus. (Foto: Yahya Arhab/EPA)

Salah satu foto diunggah oleh The Guardian pada 23/10/2015. Sebuah foto yang memperlihatkan seorang dokter bercadar sedang mengobservasi bayi kembar yang baru lahir di rumah sakit Sana’a. Bayi ini dirawat dalam inkubator untuk mendapatkan terapi nutrisi.

Seorang dokter bercadar sedang memberikan terapi nutrisi kepada bayi dengan gizi kurang di rumah sakit Sana'a. (Foto: Reuters)
Seorang dokter bercadar sedang memberikan terapi nutrisi kepada bayi dengan gizi kurang di rumah sakit Sana’a. (Foto: Reuters)

Foto kedua ini diunggah oleh kantor berita Reuters pada 8 /5/2015. Tampak sang dokter bercadar tengah memberikan terapi makanan di ruang perawatan khusus bayi baru lahir atau Perinatologi di rumah sakit Sana’a.

Kondisi konflik antara Ahlus Sunnah dengan kelompok teroris Syiah mengakibatkan distribusi makanan terganggu dan rumah sakit pun lumpuh karena akses listrik dan bahan bakar tersendat.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker