Soputan Meletus, Jarak Pandang Hanya 20 Meter

Senyumperawat.com – Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara akhirnya meletus. Soputan meletus terakhir kalinya pada Februari tahun 2015 lalu. Kini sudah memuntahkan lahar panas kembali. Akibatnya, ada sekitar 11 desa tertutup abu vulkanis.

Desa yang mendapat efek paling parah dari letusan Soputan adalah Noongan Raya, Noongan dan Raringis. Kondisi cukup mencekam karena jarak pandang di daerah Minahasa Tenggara dan Minahasa hanya 20-40 meter. Ketebalan abu vulkanis sekitar 5 cm.

Warga mayoritas berdiam diri di rumah. Mereka memutuskan tidak keluar rumah karena kondisi yang gelap gulita. Debu vulkanis yang tebal pun mengakibatkan pernapasan terganggu. Tidak hanya itu, aktivitas para petani pun terhenti.

Warga masih takut untuk beraktivitas karena khawatir akan ada letusan susulan yang terjadi. Malam ini (5/1/2016), gunung berapi Soputan meletus.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker