Sebuah SPBU Meledak di Pontianak, Manajemen Dasar Kasus Luka Bakar

SPBU Meledak di Pontianak

Senyumperawat.com – Kasus pom bensin meledak amatlah jarang terjadi. Kini berita SPBU meledak terjadi di Pontianak. SPBU yang tepatnya terletak di Jalan Hasanudin, Pontianak, meledak pada Kamis (7/1/2016) pukul 06.45 WIB. Kabar ini menghebohkan warga sekitar. Korban paling parah adalah yang paling dekat dengan pusat ledakan.

Menurut penuturan salah satu saksi sekaligus korban ledakan, menyatakan bahwa api tiba-tiba muncul dan menyambar selang pengisian bahan bakar. Anton, nama saksi mata tersebut pun mengalami kerugian berupa motornya yang mengalami kerusakan. Hal ini karena ia gunakan badan motor untuk berlindung dari ledakan.

“Saya antre urutan kedua. Di depan saya ada satu ibu-ibu, dia terpental setelah ledakan, saya refleks berlindung di balik motor,” kata Anton, dikutip Kompas Kamis (7/1/2016).

Berdasarkan informasi, enam orang diketahui menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Tiga di antaranya merupakan karyawan SPBU, sedangkan sisanya warga yang akan mengisi bahan bakar. Petugas SPBU meledak tersebut yang mengalami luka bakar parah segera dilarikan ke rumah sakit. Demikian pula korban lainnya.

Aroma bensin masih tercium kuat di sekitar lokasi SPBU. Sejumlah petugas terlihat mengamankan lokasi ledakan. Belum diketahui pasti penyebab ledakan tersebut. Tampak pula pada gambar, kerusakan bukan hanya pada selang pengisian. Bagian depan kantor pun tampak rusak akibat ledakan.

Tindakan Stop, Drop and Roll saat melihat korban luka bakar diantaranya:

  1. Stop, hentikan korban segera dan jangan berlarian panik.
  2. Drop, jatuhkan korban. Tapi jangan serta-merta dibanting. Cukup posisikan berbaring di tanah atau lantai.
  3. Roll, gulingkan ke kanan dan ke kiri hingga api mulai padam.

(Baca: Trik Sederhana dan Segera Ketika Melihat Korban Luka Bakar)

Pos terkait